Ahad 24 Apr 2022 23:41 WIB

Lindungan Allah pada Hari Kiamat

Peristiwa hari Kiamat digambarkan dalam Alquran surah al-Qiyaamah.

Red: Agung Sasongko
Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Nanat Fatah Natsir

JAKARTA -- Peristiwa hari Kiamat digambarkan dalam Alquran surah al-Qiyaamah. "Maka apabila mata terbelalak ketakutan. Dan bulan pun telah hilang cahayanya. Lalu matahari dan bulan dikumpulkan. Pada hari itu, manusia berkata, 'ke mana tempat berlari'. Tidak. Tidak ada tempat berlindung. Hanya kepada Tuhanmu tempat kembali pada hari itu." (QS [75]: 7-12).

Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari- Muslim bersabda, pada hari itu ada tujuh kelompok manusia yang akan mendapatkan perlindungan Allah SWT. Pertama, imam adil. Pemimpin yang memimpin rakyatnya dalam mengambil kebijakan tidak berat sebelah, tidak memihak. Ia hanya berpihak kepada kebenaran sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena itu, ia tidak bertindak sewenang-wenang.

Ia fokus menyejahterakan rakyatnya, sesuai dengan tugas yang dibebankannya. Pemimpin yang adil cermin ketakwaan kepada Allah SWT. Sabda Rasulallah SAW, kepemimpinan itu amanah dan pada hari Kiyamah menjadi penyesalan dan penghinaan, kecuali orang yang mendapatkan kepemimpinan itu dengan benar dan melaksanakan tugas kepemimpinannya dengan sebaik-baiknya. Imam adil akan mendapatkan lindungan Allah SWT. Sebaliknya, imam yang khianat menjadi penyesalan dan penghinaan pada hari Kiamat.