Senin 13 Aug 2018 08:48 WIB

Kementan Uji Pangan Lokal untuk Stamina Tubuh

Praktisi kesehatan sebut pangan lokal untuk stamina tubuh dan inner beauty

Red: EH Ismail
Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi dalam acara terapi latihan HanaRa (happy natural rediant) di Candi Borobudur, Magelang
Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi dalam acara terapi latihan HanaRa (happy natural rediant) di Candi Borobudur, Magelang

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Kementerian Pertanian (Kementan) fokus mendorong produksi dan penggunaan pangan lokal sebagai sumber energi, tepatnya memberikan stamina bagi tubuh. Hal itu sesuai dengan potensi alam  Indonesia yang memiliki kekayaan pangan lokal sehingga harus segera dioptimalkan.

Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi mengatakan hal itu dalam acara terapi latihan HanaRa (happy natural rediant) di Candi Borobudur, Magelang, Sabtu (10/8). Hadir Anggota Komisi IV DPR RI Endang Sukarti, dan  Fadholi, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Yuni Astuti, Extragen Pupuk Organik, Ati Chandra dan Dirut Taman Wisata Candi, Edi Setijono.

Suwandi menjelaskan kegiatan tersebut merupakan latihan menggunakan pangan lokal bersama Dinas Pertanian bagaimana memanfaatkan pangan lokal kedelai, kopi, dan lainnya yang berdampak ke wisatawan. Terapi ini dengan cara mengonsumsi pangan lokal (susu kedelai soya, kopi tertentu) dengan proses HanaRa step langsung berdampak pada stamina tubuh.

“Ini kegiatan belajar dan napak tilas jejak nenek moyang jaman dulu dalam berbagai aktivitas salah satunya memproduksi pangan lokal sebagai sumber energi tubuh,” jelasnya.