Sabtu 26 May 2012 15:16 WIB

Tawuran dan Konvoi Kendaraan Warnai Pengumuman Kelulusan di Yogyakarta

Rep: Yulianingsih/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Perayaan pengumuman kelulusan siswa di Yogyakarta diwarnai aksi tawuran pelajar dan konvoi kendaraan.  Tawuran pelajar terjadi antara siswa SMA Muhammadiyah II dan SMK PIRI I Yogyakarta sekitar pukul 12.10 WIB usai pengumuman kelulusan di sekolah masing-masing.

Entah apa penyebab terjadinya tawuran namun berdasarkan informasi rombongan siswa SMK PIRI I yang tengah bersukaria merayakan kelulusan melewati sekolah SMA Muhammadiyah II di Jalan kapas Yogyakarta yang saat itu juga banyak siswanya.

"Tidak tahu apa penyebabnya, memang sempat ada teriak-teriakan tetapi tiba-tiba saja sudah lempar lemparan batu," terang  seorang saksi mata yang tidak mau disebutkan namanya yang juga penjual koran di sekitar SMA Muhammadiyah II Yogyakarta, Sabtu (26/5).

Menurutnya, aksi lempar-lemparan batu tersebut hanya berlangsung sesaat tetapi ada beberapa siswa yang terluka akibat kejadian tersebut. Aparat kepolisian yang memang tengah mengamankan jalan-jalan karena Presiden ada di Yogyakarta langsung melerai dan membubarkan aksi tawuran pelajar tersebut. Para pelajar lari tunggang langgang melarikan diri dan ada yang diamankan aparat kepolisian.

Sedangkan konvoi sepeda motor dan mobil dilakukan beberapa siswa SMA di sepanjang jalan Kusumanegara, Jalan Pramuka dan Jalan Imogiri Timur dilanjutkan ke Ringroad Selatan Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan Republika rombongan puluhan pelajar yang memakai seragam yang sudah dicorat-coret melakukan konvoi bersama. Rombongan dipimpin sebuah mobil yang dikendarai siswa berseragam SMA juga yang membawa beberapa siswa yang berdiri di belakang mobil tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement