Jumat 22 Feb 2013 22:22 WIB

3 Ribu Mahasiswa UGM Ikuti KKN Keistimewaan DIY

Rep: Yulianingsih / Red: Djibril Muhammad
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Untuk memperkuat keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) setelah disahkannya UU Keistimewaan, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan menggelar program kuliah kerja nyata (KKN) Keistimewaan bagi mahasiswanya. KKN Tematik ini akan resmi dilaksanakan pada 2013 ini. Sedikitnya 3 ribu mahasiswa UGM tingkat akhir akan mengikuti kegiatan ini.

Koordinator KKN Keistimewaan UGM, Gatot Murdjito mengatakan, KKN Keistimewaan merupakan ide Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. KKN Keistimewaan difokuskan untuk membantu pengentasan kemiskinan di wilayah DIY.

Sebab, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan di DIY tertinggi di Jawa. "Dari data itu pada akhir 2012 lalu, tingkat kemiskinan di wilayah DIY mencapai 15,88 persen," katanya menerangkan, di Jakarta, Jumat (22/2).

UGM sendiri, kata dia, akan bekerja sama dengan Bappeda DIY untuk memetakan wilayah-wilayah mana yang bisa digunakan untuk pelaksanaan program tersebut. UGM bersama Bappeda DIY juga membuat tema-tema program pengentasan kemiskinan berdasarkan kondisi wilayah tersebut.