Senin 28 Nov 2016 19:48 WIB

UGM Sambut Baik Rencana Internasionalisasi Kampus

Red: Fernan Rahadi
UGM
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati menyambut baik rencana pemerintah pusat dalam hal ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk melaksanakan internasionalisasi perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

"Setahu saya, program yang hendak dijalankan Mendikbud itu adalah untuk melakukan internasionalisasi terhadap perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia," ujarnya, Ahad (27/11).

Menurut dia, hingga saat ini masih banyak perguruan tinggi di Indonesia yang sulit meningkatkan standarisasinya akibat terhadang pembiayaan untuk mengundang peneliti dari luar negeri yang berstandar internasional.

Karena itu, alokasi dana pemerintah pusat yang disediakan untuk mendatangkan peneliti internasional dalam mendukung peningkatan kualitas perguruan tinggi negeri di Indonesia menjadi program signifikan dalam melakukan internasionalisasi perguruan tinggi negeri Indonesia.

Ia mengatakan, dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh perguruan tinggi, para peneliti yang tergabung di dalamnya adalah merupakan kombinasi antara peneliti dalam negeri yang berasal dari perguruan tinggi tersebut dengan peneliti internasional.

"Secara baku tidak ada patokan berapa persentase antara peneliti domestik dengan peneliti internasional. Tapi sebaiknya memang berimbang agar kualitas dari suatu penelitian semakin diakui dunia internasional," kata Dwikorita.

Lebih jauh, kata dia, undangan kehadiran peneliti internasional, khususnya yang pernah menjadi rektor di perguruan tinggi luar negeri, bukan untuk meniadakan peran serta kualitas peneliti dalam negeri, tetapi lebih untuk mengikuti aturan dan standarisasi internasional terkait hasil penelitian yang berstandar internasional. 

"Karena perguruan tinggi di luar negeri pun juga mengundang para peneliti dari UGM dan kampus-kampus lainnya di Indonesia, untuk menjadi bagian dalam suatu penelitian berstandar internasional. Artinya, kualitas peneliti Indonesia pun dihargai di mata global," papar Dwikorita.

Ia menambahkan, sebenarnya pihaknya telah menjalankan sistem yang sama dalam peningkatan kualitas penelitian UGM dengan mengundang berbagai peneliti internasional terlibat dalam suatu penelitian. "Itu sebab, UGM sangat mendukung program tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas perguruan tinggi negeri di Indonesia," kata Dwikorita. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement