Kamis 29 Nov 2018 16:08 WIB

Senat AS Desak Donald Trump Jatuhkan Sanksi untuk Arab Saudi

Banyak anggota Senat pendukung Trump kecewa dengan Arab Saudi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Donald Trump
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator Amerika Serikat (AS) semakin mendesak Presiden AS Donald Trump untuk memberikan sanksi kepada Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Mereka dengan tegas menentang Trump yang bersikeras mempertahankan Arab Saudi sebagai sekutu dekatnya.

Dalam pemungutan suara, Kamis (29/11), sebanyak 63 anggota Senat memilih agar AS menarik diri dari keterlibatan mereka mendukung Arab Saudi di perang Yaman. Sementara, 37 anggota legislatif lainnya menentang keputusan itu. Pemungutan suara suara itu tidak hanya teguran kepada Arab Saudi tapi juga pemerintahan Trump.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan James Mattis datang ke Capitol Hill untuk melobi melawan resolusi tersebut. Resolusi yang meminta AS mengakhiri bantuan militer ke perang yang menurut para aktivis hak asasi manusia telah menghancurkan Yaman dan menargetkan warga sipil.

Pemungutan suara itu juga menunjukkan banyak anggota partai Republik yang mengusung Trump sebagai presiden, kecewa dengan Arab Saudi dan tanggapan pemerintah AS atas pembunuhan Khashoggi di kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Badan Intelijen AS (CIA) sudah memberikan penilaian mereka tentang kasus tersebut.