Selasa 04 Dec 2018 08:23 WIB

Mendagri Dukung Kampanye Pengurangan Sampah Plastik

Sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun

Red: EH Ismail
Mendagri Tjahjo Kumolo kampanye pengurangan sampah plastik
Mendagri Tjahjo Kumolo kampanye pengurangan sampah plastik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendukung kampanye pengurangan sampah plastik di lingkungan Kemendari. Mendagri mengimbau seluruh jajarannya menggunakan bahan plastik sekali pakai.

Imbauan Mendagri bukan tanpa alasan karena konsumsi kantong plastik di Indonesia sangat tinggi. Menurut data, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Dari jumlah itu, 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 85 ribu ton per tahun.

Berdasarkan sumber data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hingga 2017 terdapat sekitar 12,7 juta ton sampah plastik di laut. Selama ini, pelarangan kantong plastik merupakan kewenangan pemerintah daerah. Untuk memperkuat larangan diperlukan kebijakan pemerintah pusat.

“Mengenai sampah plastik atau bahan plastik, memang sebagaimana isu yang cukup kuat ini, mulai hari ini kami melarang seluruh jajaran Kemendagri untuk menggunakan bahan plastik,  kalau mau minum pakai gelas,” kata Mendagri usai rapat di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Senin (3/12).