Ahad 27 Jan 2019 16:20 WIB

Pasar Lelang Beri Kepastian Harga Cabai ke Petani

Keberadaan pasar lelang membentuk program satu pintu dan satu harga untuk cabai

Red: EH Ismail
Pasar lelang cabai di Yogyakarta
Pasar lelang cabai di Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kementerian Pertanian mendorong upaya win win solution bagi petani, pedagang dan konsumen. Pasar lelang merupakan upaya menguntung semua pihak. Terciptanya harga acuan yang berlaku bagi komoditas cabai adalah salah satu bukti dukungan pemerintah bagi masyarakat.

"Pasar lelang Kabupaten Sleman telah berlangsung selama satu tahun, dimulai sejak akhir 2017. Perkembangan sudah cukup bagus, untuk cabai sudah 2-4 ton tiap harinya," kata Kabid Hortikultura Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Edi Sri Harmanto.

Menurut Edi, manfaat pasar lelang sangat dirasakan oleh petani. Para kelompok tani telah tergabung dalam sembilan titik kumpul cabai. Sekitar 60 persen dari seluruh jumlah petani cabai telah masuk ke pasar lelang, 40 persen sisanya akan diupayakan untuk bergabung."

Edi menjelaskan, keberadaan pasar lelang membentuk program satu pintu dan satu harga untuk cabai. Diakui harga di pasar lelang kadang berfluktuasi namun cenderung stabil dibandingkan harga pasar.