Kamis 01 Aug 2019 13:43 WIB

Ulil Soal FPI: Meski tak Setuju, Tetap Harus Diberi Ruang

Ruang untuk pihak yang mendapat pertentangan merupakan cara merawat demokrasi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ratna Puspita
Ulil Abshar Abdalla
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ulil Abshar Abdalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Ulil Abshar Abdala memberikan pandangan soal perpanjangan izin organisasi kemasyarakatan Front Pembela Islam (FPI). FPI berbeda dengan Hizbut Tahrir Indonesia sehingga tidak semestinya FPI dilarang.

"Saya kalau terhadap HTI itu masih bisa memahami (mengapa dilarang), bahkan saya mendukung pelarangan HTI karena mereka secara frontal mengkampanyekan satu bentuk kenegaraan yang berbeda, jadi kalau HTI saya kecualikan," kata dia, Kamis (1/8). 

Baca Juga

Ulil mengatakan meski banyak orang yang memang tidak setuju dengan kerangka perjuangan FPI, organisasi tersebut harus tetap diberikan ruang untuk berorganisasi. "Siapapun mereka, termasuk orang-orang yang kita tidak setujui pandangannya," kata dia.

Ulil menyarankan pihak yang tidak setuju dengan wacana atau pandangan keagamaan FPI untuk mengutarakan kritik. Selain itu, jika ada ormas yang memang melakukan pelanggaran hukum maka ormas tersebut harus ditindak secara hukum.

"Jadi menurut saya, kalau bisa, kita meminimalisir pelarangan organisasi. Idealnya itu enggak perlu ada pelarangan organisasi," katanya.

Menurut dia, memberikan ruang terbuka yang dibarengi dengan ruang untuk kritik dan penegakan hukum penting untuk merawat demokrasi. "Kalau mereka melawan hukum, tindak. Menurut saya demokrasi di Indonesia itu berharga sekali. Ini harus tetap kita pegang, harus tetap kita rawat," tuturnya.

Uli menambahkan pemberian ruang kepada pihak yang mendapat pertentangan dari masyarakat merupakan cara merawat demokrasi. "Saya mendukung tindakan pemerintahan Presiden Jokowi yang tegas terhadap kelompok radikal ini. Tapi menurut saya tetap harus menjaga norma demokrasi. Norma demokrasi itu umurnya panjang," ungkapnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِيَسْتَأْذِنْكُمُ الَّذِيْنَ مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ وَالَّذِيْنَ لَمْ يَبْلُغُوا الْحُلُمَ مِنْكُمْ ثَلٰثَ مَرّٰتٍۗ مِنْ قَبْلِ صَلٰوةِ الْفَجْرِ وَحِيْنَ تَضَعُوْنَ ثِيَابَكُمْ مِّنَ الظَّهِيْرَةِ وَمِنْۢ بَعْدِ صَلٰوةِ الْعِشَاۤءِۗ ثَلٰثُ عَوْرٰتٍ لَّكُمْۗ لَيْسَ عَلَيْكُمْ وَلَا عَلَيْهِمْ جُنَاحٌۢ بَعْدَهُنَّۗ طَوَّافُوْنَ عَلَيْكُمْ بَعْضُكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Hendaklah hamba sahaya (laki-laki dan perempuan) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig (dewasa) di antara kamu, meminta izin kepada kamu pada tiga kali (kesempatan) yaitu, sebelum salat Subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari, dan setelah salat Isya. (Itulah) tiga aurat (waktu) bagi kamu. Tidak ada dosa bagimu dan tidak (pula) bagi mereka selain dari (tiga waktu) itu; mereka keluar masuk melayani kamu, sebagian kamu atas sebagian yang lain. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat itu kepadamu. Dan Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. An-Nur ayat 58)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement