Kamis 19 Sep 2019 13:56 WIB

Presiden Segera Putuskan Pengganti Imam Nahrawi

Presiden baru saja menerima surat pengunduran diri Iman sebagai Menpora.

Red: Andi Nur Aminah
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019).
Foto: ANTARA FOTO
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo segera memutuskan pengganti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang sudah menyerahkan surat pengunduran diri. "Baru sejam lalu kasih surat pengunduran dirinya, kita pertimbangkan dalam sehari," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/9).

Pada Rabu (19/9), KPK mengumumkan Imam Nahrawi sebagai tersangka pengembangan perkara suap terkait penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora pada KONI Tahun Anggaran (TA) 2018. Imam diduga menerima suap dengan nilai total Rp 26,5 miliar. Suap tersebut merupakan commitment fee atas pengurusan proposal hibah yang diajukan oleh pihak KONI kepada Kemenpora TA 2018, penerimaan terkait Ketua Dewan Pengarah Satlak Prima, dan penerimaan lain yang berhubungan dengan jabatan Imam selaku Menpora.

Baca Juga

"Tentu saja akan kita segera pertimbangkan apakah segera diganti dengan yang baru atau memakai Plt. Tadi disampaikan ke saya surat pengunduran diri dari Pak Menpora Imam Nahrawi," tambah Presiden.

Presiden pun mengaku menghormati proses hukum yang sedang dikerjakan KPK. KPK menyatakan bahwa dugaan uang suap Rp 26,5 miliar tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi Menpora dan pihak lain yang terkait.