Rabu 06 Nov 2019 07:58 WIB

Perusahaan Indonesia Paling Optimis Terhadap Prospek Bisnis

Sembilan dari sepuluh perusahaan Indonesia optimis tentang pertumbuhan.

Rep: Silawati(swa.co.id)/ Red: Silawati(swa.co.id)
Navigator_HSBC
Navigator_HSBC

 

Survei HSBC yang bertajuk 'Navigator: Now, next and how' yang mengukur sentimen dan harapan dunia bisnis di 35 pasar di seluruh dunia, menyimpulkan para pebisnis di Indonesia memperlihatkan rasa optimisme yang sangat besar. Ini dengan tingkat kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi dibanding perusahaan-perusahaan lain di seluruh dunia termasuk di wilayah Asia.

Navigator merangkum hasil survei komprehensif terhadap 9.131 perusahaan dari enam wilayah berbeda, dan merupakan bagian dari serangkaian laporan 'Navigator' yang dipublikasikan oleh HSBC untuk mengetahui sentimen dan melihat masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan di seluruh dunia.

Survei ini juga mencoba melihat rencana investasi para pebisnis, bagaimana mereka mengambil keputusan-keputusan penting, melakukan berbagai perubahan, serta mengembangkan bisnis. Sebanyak 150 perusahaan dari Indonesia menjadi bagian dari sampel penelitian dengan menetapkan kriteria, perusahaan dengan omset minimal 1,75 juta dolar AS dan batas korporasi sebesar 16,5 juta dolar AS. Responden merupakan para pengambil keputusan kunci dan mereka yang memiliki pengaruh signifikan dalam pengambilan keputusan di perusahaan.

Dari survei terungkap bahwa lebih dari setengah perusahaan Indonesia yang disurvei termasuk dalam kategori 'Navigator',berarti mereka mengharapkan penjualan tumbuh sebesar 15 persen atau lebih pada tahun berikutnya. Responden Indonesia juga merasa percaya diri atas prospek bisnis masa depan mereka, dimana sembilan dari sepuluh perusahaan Indonesia optimis tentang pertumbuhan, dibandingkan dengan setahun lalu.

"Optimisme di Indonesia berada di atas rata-rata Asia Pasifik. Negara yang mendekati tingkat optimisme Indonesia adalah Bangladesh (74 persen)  dan India dengan (72 persen)," kata Anurag Saigal, Deputi Direktur, Commercial Banking, PT Bank HSBC Indonesia. 

Navigator juga menunjukkan bahwa para pengambil keputusan dari perusahaan Indonesia optimis terhadap prospek jangka pendek, menengah dan panjang. Responden dari negara kepulauan memiliki prospek positif untuk tahun depan, juga untuk 5 tahun ke depan. Mereka juga lebih optimis tentang pertumbuhan mereka dalam 12 bulan terakhir, level yang jauh di atas rata-rata global. 

Tahun depan, lebih dari setengah bisnis yang disurvei (54 persen) memperkirakan penjualan mereka tumbuh 15 persen atau lebih, yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata global (22 persen) dan Asia Pasifik (19 persen).

”Bisnis Indonesia adalah yang paling optimis di 35 pasar. Bangladesh adalah yang terdekat, dengan 50 persen perusahaan di Bangladesh mengharapkan pertumbuhan penjualan 15 persen atau lebih, ”kata Anurag lagi.

Dalam jangka waktu lima tahun, proporsi bisnis di Indonesia  mengharapkan penjualan tumbuh 15 persen atau lebih mencapai 61 persen. Hasil survei juga mengungkapkan, perusahaan-perusahaan Indonesia yang diperkirakan bertumbuh dalam waktu dekat (tahun depan) kemungkinan akan didorong oleh gabungan peningkatan fokus pada keberlanjutan, serta pemasok (supplier) dan bahan baku (raw materials) berkualitas tinggi yang disokong oleh tenaga kerja yang terampil untuk meningkatkan produktivitas dan pengembangan bisnis dengan pembukaan pasar baru dan pengenalan produk atau layanan baru.

Para pembuat keputusan dalam perusahaan yang disurvei percaya bahwa tahun depan  masih menjadi tahun pertumbuhan bagi Indonesia, karena kebijakan ekonomi makro yang bijak dengan memegang prinsip keberhati-hatian (prudent) semakin memperkuat konsumsi domestik dan masuknya aliran investasi.

Dandy Pandi, Country Head, Global Trade and Receivable Finance PT Bank HSBC Indonesia, menyatakan melawan bahwa arus global sepertinya terdengar ambisius, tetapi masa depan di depan mata terlihat serius. ”Strategi utama bagi bisnis di Indonesia untuk menghadapi ancaman bisnis yang mungkin terjadi, difokuskan pada peningkatan portofolio melalui berbagai cara.

Hampir setengah (48 persen) dari perusahaan yang disurvei menyebutkan bahwa mereka meningkatan kualitas produk atau layanan. Selanjutnya, sekitar 26 persen melalui investasi untuk inovasi. "Dengan penggunaan bahan baku dan pemasok dengan kualitas lebih baik (25 persen), dan perluasan platform dan saluran digital merupakan strategi kunci lainnya,” imbuh Dandy. 

Sekitar 30 persen perusahaan juga menyebutkan bahwa ekspansi ke pasar-pasar baru adalah kunci strategi perluasan mereka. Hampir semua kalangan bisnis (97 persen) mengharapkan prospek bagus untuk bisnis internasional dan 45 persen merasa sangat positif akan hal ini.

Survei ini juga merinci bahwa responden dari Indonesia lebih bersemangat ketika ditanya apakah perdagangan internasional akan mendatangkan kesempatan bisnis untuk lima tahun ke depan (Indonesia 96 persen, dunia 79 persen), menghadirkan inovasi (Indonesia 95 persen, dunia 80 persen), meningkatkan pendapatan (Indonesia 96 persen, dunia 70 persen), efisiensi (Indonesia 94 persen, dunia 78 persen), dan mendukung ketenagakerjaan (Indonesia 94 persen, dunia 73 persen).

 

“Hasil tersebut umumnya lebih tinggi daripada persentase global. Manfaat yang diharapkan di Indonesia beragam, mulai dari manfaat langsung (kesempatan baru dan efisiensi), manfaat untuk pekerja (pendapatan dan perekrutan kerja) serta manfaat bagi konsumen (inovasi),” kata Dandy.

Fakta baru yang menarik dari survei ini yaitu dunia bisnis di Indonesia merasa bahwa proteksionisme semakin marak di negara tempat mereka melakukan aktivitas bisnis. Survei juga mengungkapkan bahwa mayoritas dari para responden berpendapat bahwa hal ini (proteksionisme) lebih memberikan keuntungan. Kalangan bisnis mengatasi dampak proteksionisme dengan berfokus pada kanal digital, pemangkasan biaya, mengubah portofolio, dan mengambil (bahan baku) dari pemasok lokal.

Navigator juga mengungkapkan bahwa lebih dari 85 persen kalangan bisnis di Indonesia memandang bahwa proteksionisme sedang marak. Angka pertumbuhannya cukup signifikan per tahun dari 55 persen di tahun 2017 menjadi 71 persen tahun 2018.

Dengan pergeseran yang terjadi di tingkat regional dan domestik, semakin banyak perusahaan bergerak menuju era teknologi digital dan menciptakan ekosistem untuk mendukung perubahan itu. Sangat penting agar pebisnis di Indonesia mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan penjualan, dan menemukan mitra strategis yang tepat.

Menurut Navigator, 40 persen perusahaan melihat metode penjualan online ini sebagai cara untuk menangkal proteksionisme dan 34 persen menggunakannya sebagai strategi untuk mengurangi risiko geopolitik.

”Iklim politik global saat ini juga mengharuskan perusahaan menilai kekuatan dan keandalan rantai pasokan mereka. Mengamankan pasokan bahan baku dan energi adalah kuncinya,”tambah Dandy.

Perusahaan di Indonesia menurut Dandy harus memperhatikan seruan keberlanjutan dari dunia internasional, kompetitor, dan investor, karena pada akhirnya hal ini akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Selain itu, perusahaan harus fokus pada keuangan, berinvestasi lebih banyak di sektor teknologi, serta mengembangkan kerangka kerja berkelanjutan. Navigator juga menyarankan sektor manufaktur Indonesia untuk fokus pada rantai pasokan yang dapat dilacak (traceable supply chain).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement