Senin 09 Dec 2019 07:57 WIB

Video Gol Solo Run Spektakuler Son Heung-Min

Gol spektakuler dicetak Son Heung-min pada laga Liga Primer ke gawang Burnley.

Red: Andri Saubani
Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min (tengah) seusai mencetak gol ke gawang Burnley, Sabtu (7/12).
Foto: EPA/Will Oliver
Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min (tengah) seusai mencetak gol ke gawang Burnley, Sabtu (7/12).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Winger Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mencetak gol spektakuler pada laga Liga Primer Inggris kontra Burnley, Sabtu (7/12). Pada laga yang berakhir kemenangan telak 5-0 untuk Spurs itu, Son mengukir gol ketiga lewat aksi solo run yang jaraknya mencapai sekitar 70 meter.

Gol Son disebut-sebut mirip dengan gol yang pernah dicetak oleh striker Barcelona, Ronaldo Luis Nazario da Lima ke gawang Compostela pada 1996 silam. Bedanya, jarak Son menggiring bola hingga melesakkan bola ke gawang Burnley lebih jauh dari Ronaldo.

Baca Juga

Berikut video yang diunggah oleh akun resmi Tottenham, @SpursOfficial:

 

Son adalah pencetak gol pertama Tottenham di bawah kepelatihan Jose Mourinho serta mencatatkan assist dalam kemenangan 3-2 atas West Ham United pada 23 November. Ia juga membukukan assist untuk Tottenham kala mereka bangkit dari ketertinggalan dua gol untuk menjungkalkan Olympiakos 4-2 dalam laga lanjutan Liga Champions Grup B yang memastikan langkah ke babak 16 besar.

Son pada 2019 sudah mencetak 19 gol bersama Spurs. Mourinho pun pernah mengungkapkan sudah jatuh cinta kepada Son Heung-min saat memberikan selamat kepada legiun asal Korea Selatan itu atas pencapaiannya sebagai Pemain Internasional Asia Terbaik 2019.

Son tiga tahun berturut-turut meraih penghargaan pemain terbaik dari AFC pada Senin (2/12). Menurut Mourinho, hal itu pantas diraih sang winger.

"Saya jatuh cinta kepadanya dan saya baru berada di sini berapa lama...10 hari...12 hari?" kata Mourinho dikutip laman resmi klub pada Selasa (3/12).

Kemenangan 5-0 atas Burnley menjadi awal kebangkitan Tottenham Hotspur setelah kalah 1-2 dari Manchester United pada pekan ke-15 Liga Inggris. Selain kemenangan besar, Tottenham untuk kali pertama mencatatkan clean sheet setelah selalu kebobolan dalam lima laga beruntun di semua kompetisi.

Bagi Mourinho, kemenangan atas Burnley adalah hasil penampilan komplet para pemainnya. Mourinho memuji perjuangan anak asuhnya sejak menit pertama.

"Sungguh tidak ada yang biasa saya katakan, Anda bisa melihatnya sendiri. Ini penampilan yang luar biasa dan komplet," ujarnya menambahkan.

Baru sembilan menit pertandingan berjalan Tottenham sudah unggul 2-0 berkat gol Harry Kane dan Lucas Moura. Setelah itu, giliran gol spektakuler Son Heung-min pada menit ke-32.

Kane lantas mencetak gol keduanya pada babak kedua dan Moussa Sissoko melengkapi kemenangan Tottenham menjadi 5-0.

"Saya sangat senang atas clean sheet ini. Saat turun minum saya bilang ke pemain bahwa clean sheet harus jadi ambisi bersama sebuah tim, bukan hanya kiper dan bek saja," kata Mourinho.

"Lucas Moura misalnya, salah satu pemain paling jauh dari gawang kami sendiri, memperlihatkan komitmen yang luar biasa membantu pertahanan," tutupnya.

Kemenangan atas Burnley membuat Tottenham untuk sementara berada di posisi ketujuh klasemen dengan 23 poin sekaligus menjadi respon positif dari kekalahan perdana mereka di bawah kepelatihan Mourinho dalam lawatan ke Old Trafford di laga sebelumnya. Adapun, Burnley berada di peringkat 13 dengan nilai 18.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِلَّا تَنْصُرُوْهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللّٰهُ اِذْ اَخْرَجَهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا ثَانِيَ اثْنَيْنِ اِذْ هُمَا فِى الْغَارِ اِذْ يَقُوْلُ لِصَاحِبِهٖ لَا تَحْزَنْ اِنَّ اللّٰهَ مَعَنَاۚ فَاَنْزَلَ اللّٰهُ سَكِيْنَتَهٗ عَلَيْهِ وَاَيَّدَهٗ بِجُنُوْدٍ لَّمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِيْنَ كَفَرُوا السُّفْلٰىۗ وَكَلِمَةُ اللّٰهِ هِيَ الْعُلْيَاۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ
Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement