Rabu 25 Dec 2019 06:33 WIB

Amankan Natal, Polda Banten Siagakan Tim Gegana

Tim Gegana disiagakan di tiap-tiap gereja di Banten.

Rep: Alkhaedi Kurnialam/ Red: Andri Saubani
Anggota Brimob Polda Banten menyisir tempat duduk jemaah dengan metal detektor di Gereja Kristus Sang Raja di Serang, Banten, Sabtu (24/12).
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Anggota Brimob Polda Banten menyisir tempat duduk jemaah dengan metal detektor di Gereja Kristus Sang Raja di Serang, Banten, Sabtu (24/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Kepolisian daerah (Polda) Banten menyiagakan tim Gegana sebagai bentuk antisipasi peristiwa yang tidak diinginkan pada perayaan Natal.  Hal ini dijelaskan Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi Edy Sumardi yang menyebut bahwa tim Gegana yang berasal dari Satbrimob Polda Banten akan disiagakan di tiap-tiap gereja.

"Personel gabungan yang terdiri dari Satuan Brimob khususnya Gegana, Samapta dan kemudian Satuan Lalu Lintas disiagakan. Harapannya baik kegiatan perayaan maupun pengamanan dapat berlanjalan dengan lancar dan situasi tetap kondusif," kata Edy Sumardi Selasa (24/12).

Baca Juga

Selain itu, petugas kepolisian dari Samapta, Satlantas juga petugas dari TNI dan intansi lain akan bersiaga mengamankan 20 gereja dan 82 titik perayaan lain di wilayah hukum Polda Banten. Edy menjelaskan, ada beberapa lokasi atau titik pengamanan yang menjadi prioritas tim gabungan keamanan. Hal ini karena perayaan natal biasanya dilakukan secara terpusat di beberapa daerah di Provinsi Banten.

"Seperti halnya warga Kota Cilegon dan Kabupaten Serang kegiatan peribadatan Natal dilakukan secara terpusat di Gereja yang berada di Kota Serang," jelas Edy.