SWA.CO.ID -- PT Toyota Astra Motor (TAM) membukukan penjualan wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer sebanyak 331.797 unit dan meraup pangsa pasar 32,2% di Indonesia pada 2019.
Dibandingkan dengan kinerja pada 2018, penjualan TAM tahun 2019 menurun 5,7%. Angka ini lebih rendah dari penurunan total pasar domestik sebesar 10,5%. Total pasar mobil nasional pada 2019 lalu sebanyak 1,03 juta unit, lebih rendah ketimbang 2018 sebesar 1,151.143 unit. Demikian kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM, dalam keterangan resminya ( 21/1/2020).
Henry menambahkan, meski penjualan turun, namun pangsa pasar Toyota justru naik dibanding dengan 2018 lalu yang sebesar 30,6%. Kenaikan pangsa pasar di tengah lesunya industri otomotif nasional merupakan cerminan loyalitas konsumen terhadap Toyota. “Kami bersyukur bahwa penjualan 2019 mencerminkan loyalitas konsumen terhadap produk-produk Toyota yang senantiasa terjaga dan terpelihara seperti tahun-tahun sebelumnya,” katanya.
Penjualan Toyota sepanjang 2019 ditunjang dengan naiknya penjualan Avanza-Veloz di segmen mobil Low MPV, Toyota Rush di segmen medium sport utility vehicle (SUV), dan Camry di segmen sedan medium. Penjualan segmen MPV--terutama Avanza dan Veloz-- sebanyak 203.205 unit; memberi kontribusi sebesar 61,2%. Kedua model mobil sejuta umat ini penjualannya naik 5,1% dibanding tahun sebelumnya menjadi 86.374 unit. Begitu juga dengan pangsa pasarnya yang ikut terdongkrak dari 28,7% menjadi 34%.
Penjualan Toyota Rush tahun ini mencapai 78.657 unit atau berkontribusi sebesar 23,7% terhadap total penjualan Toyota. Model low SUV ini menjadi kontributor tertinggi dengan angka penjualan sebanyak 61.659 unit, naik 15,9% dibanding tahun sebelumnya. Pangsa pasarnya meningkat menjadi dari 42,1% pada 2018 menjadi 54% pada 2019.
Di segmen sedan, Toyota mampu menjual 2.853 unit atau meningkat 36,6% dibanding 2018. Toyota Camry terjual 1.722 unit meningkat 136,9% dibandingkan tahun sebelumnya. Sedang bongsor ini menguasai 73,4% pangsa pasar segmen sedan medium meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 51,9%.
Kinerja positif juga ditunjukkan dengan penjualan mobil hibridfa atau hubrid electrified vehicle (HEV). Pada jenis mobil ini TAM mampu menjual 2500 unit. Model C-HR HEV yang diluncurkan pada April 2019 lalu menjadi kontributor terbesar yakni 42,4%. Selain itu, model Camry HEV memberikan kontribusi penjualan 29,4%. Total penjualan HEV Toyota dan Lexus sepanjang 2019 mencapai 647 unit.
Editor : Eva Martha Rahayu
www.swa.co.id