Selasa 04 Feb 2020 19:57 WIB

Diserbu Hama Belalang, Pakistan Deklarasikan Darurat Nasional

Pemerintah Pakistan dan Somalia memberlakukan status darurat nasional menyusul serbuan hama belalang yang meluluhlantakkan hasil panen. Tanpa upaya kongkrit, serbuan hama bisa memicu bencana kelaparan.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
picture-alliance/AP Photo/S. Baluch
picture-alliance/AP Photo/S. Baluch

Pemerintah Pakistan mendeklarasikan status darurat nasional pada Sabtu (01/02) menyusul serbuan hama belalang di wilayah timur negeri. Menteri Informasi Firdous Ashiq Awan mengatakan langkah dramatis tersebut terpaksa diambil, karena "kita menghadapi hama belalang paling parah sejak lebih dari dua dekade," kata dia.

"Sebab itu kami memutuskan untuk mendeklarasikan darurat nasional buat menghadapi ancaman ini," imbuhnya.

Belalang juta tiba di Pakistan dari Iran pada Juni silam. Sejak itu satwa yang dalam kerumunan bisa berjumlah hingga 80 juta ekor per kilometer persegi itu menyerang kebun kapas, gandum, jagung dan beragam komoditas pertanian lainnya.

Kondisi cuaca yang kondunsif serta lambatnya reaksi pemerintah dianggap mempercepat pertumbuhan populasi belalang. Lantaran daya hancurnya yang tinggi, antara lain mampu menyerang wilayah seluas 1.200 kilometer persegi dalam sekali serbu, kehadiran belalang juta bisa mengancam ketahanan pangan Pakistan.