Selasa 10 Mar 2020 17:11 WIB

Tol Listrik Sumatera Tuntas, PLN Klaim Hemat 163 Miliar

PLN menuntaskan SUTET 275 KV untuk backbone kelistrikan di Sumatra.

Rep: Ali Mansur/ Red: Gita Amanda
Interkoneksi jaringan atau tol listrik pln.
Foto: Republika
Interkoneksi jaringan atau tol listrik pln.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero berhasil menuntaskan pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kiloVolt (kV) yang dijadikan backbone kelistrikan di Sumatra dan sudah beroperasi 30 September 2019. SUTET 275 kV Sumatra yang dioperasikan ini membentang sepanjang 2.936 kilo meter sirkuit (kms) dari Lahat-Pangkalan Susu.

Sementara jumlah tower sebanyak 3.789 tower serta 14 GITET yang nantinya akan diselesaikan untuk jalur Pangkalan Susu-igli dan Lahat-Lampung. "Diperkirakan penghematan pascainterkoneksi ini mencapai Rp 163 miliar per bulan," ujar Vice President Konstruksi Jaringan Regional Sumatera, Binara Nainggolan, saat menghunjungi GITET Binjai, Sumatra Utara, Selasa (10/3).

Baca Juga

Lanjut Binara, transmisi ini merupakan backbone penyaluran energi listrik dari Sistem Sumatra bagian selatan menuju Sumatera bagian utara atau sebaliknya. Dengan adanya Tol Listrik Sumatera 275 kV maka keandalan listrik Sumatra akan semakin meningkat dan bisa menurunkan biaya pokok produksi listrik di Sumatra. Listrik 275 kV ini mampu mengevakuasi daya hingga 2.000 MW dari Sumatra Selatan menuju Sumatra Utara.

"Mengingat di Sumatra bagian Selatan saat ini kelebihan pasokan listrik disamping memiliki cadangan batubara sebagai energi primer yang dimanfaatkan sebagai pembangkit PLTU Mulut Tambang," tuturnya.