Kamis 12 Mar 2020 22:31 WIB

Kepala BNPB Ajak Semua Pihak Jaga Kebersihan Lingkungan

Kegiatan bersih-bersih oleh pasukan TNI/Polri, PT KAI, dan PPSU telah rutin dilakukan

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Fakhruddin
Petugas membersihkan salah satu bagian kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (4/3/2020).(Antara/Rivan Awal Lingga)
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Petugas membersihkan salah satu bagian kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (4/3/2020).(Antara/Rivan Awal Lingga)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan untuk mencegah penyebaran Covid-19, perlu adanya kesadaran bersama. Oleh karena itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI dan Polri melakukan pengurangan risiko penyebaran Covid-19 di tempat publik, salah satunya dengan gerakan bersih-bersih di Stasiun Gambir.

Ajukan Erick tersebut disambut positif Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo. Menurut Doni, membersihkan tempat-tempat publik secara rutin harus dilakukan. Baik itu sekolah, kantor, tempat ibadah dan fasilitas publik lainnya.

Ia juga mengajak seluruh pihak menjaga kebersihan lingkungan untuk mengurangi penyebaran Covid-19, "Kami menghimbau kepada pemerintah pusat dan daerah, swasta hingga keluarga untuk rutin membersihkan lingkungan masing-masing untuk mencegah penyebaran Covid-19", ujarnya Doni.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan kegiatan bersih-bersih oleh pasukan TNI/Polri, PT KAI, dan PPSU telah rutin dilakukan agar masyarakat merasa aman. Mereka melakukan pembersihan menggunakan bio sanitizer dengan cara menyemprotkan ke kursi, pagar, dan ruangan yang ada di Stasiun Gambir.