Senin 23 Mar 2020 14:12 WIB

Layanan Data Telkomsel Naik 5,7 Persen

Layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) mencapai 236 persen

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
Telkomsel Gelar Optimalisasi Jaringan, dalam upaya menghadapi Covid-19, Telkomsel telah menggelar optimalisasi jaringan guna memberikan kemudahan dan kelancaran layanan komunikasi.
Foto: istimewa
Telkomsel Gelar Optimalisasi Jaringan, dalam upaya menghadapi Covid-19, Telkomsel telah menggelar optimalisasi jaringan guna memberikan kemudahan dan kelancaran layanan komunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Telkomsel secara konsisten terus memantau perkembangan situasi terkini terkait pandemi virus COVID-19. Telkomsel juga terus menyediakan layanan berkualitas dan memastikan seluruh infrastruktur jaringan beroperasi optimal.

Menurut Vice President Network Operation and Quality Management Area Jabotabek Jabar, Awal Rachman Chalik, sejak diberlakukannya imbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, Telkomsel mencatat telah terjadi lonjakan trafik komunikasi (payload) layanan berbasis data dan digital hingga 5,7 persen dibandingkan periode sebelum diberlakukannya himbauan tersebut secara nasional. 

"Wilayah operasional yang mengkontribusi kenaikan payload terbesar adalah Area Jabotabek-Jabar dengan mencatat kenaikan sebesar 7 persen. Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama," ujar Awal dalam siaran persnya, Senin (23/3).

Awal mengatakan, Telkomsel juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital. Hal itu berkat kontribusi tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning) yang mencapai 236 persen, komunikasi pesan instan sebesar 19 persen, games online sebesar 13 persen dan layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, yang meningkat hingga 10,4 persen.