Senin 30 Mar 2020 16:50 WIB

BRI Perluas UMKM Go Online ke Luar Pulau Jawa

Saat ini sebanyak 11 ribu pelaku UMKM terdaftar di Indonesia Mall.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Pekerja menyelesaikan proses penggorengan kerupuk di salah satu sentra produksi kerupuk rumahan Desa Suak Ribe, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Senin (25/2). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperluas pemanfataan penggunaan program UMKM Go Online melalui platform Indonesia Mall. Langkah ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM agar dapat memperluas penjualan produknya.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Pekerja menyelesaikan proses penggorengan kerupuk di salah satu sentra produksi kerupuk rumahan Desa Suak Ribe, Johan Pahlawan, Aceh Barat, Aceh, Senin (25/2). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperluas pemanfataan penggunaan program UMKM Go Online melalui platform Indonesia Mall. Langkah ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM agar dapat memperluas penjualan produknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperluas pemanfataan penggunaan program UMKM Go Online melalui platform Indonesia Mall. Langkah ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM agar dapat memperluas penjualan produknya.

Sekretaris Perusahaan BRI Amam Sukriyanto mengatakan program keberlangsungan UMKM diperlukan di tengah situasi penyebaran virus corona, yang mengakibatkan gejolak ekonomi khususnya di luar Pulau Jawa.

Baca Juga

“Hingga akhir 2019, kita sudah menghadirkan Indonesia Mall di enam kota besar, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan Tangerang,” ujarnya dalam keterangan tulis di Jakarta, Senin (30/3).

Menurutnya saat ini sebanyak 11 ribu pelaku UMKM terdaftar di Indonesia Mall. Perseroan berupaya menyediakan layanan keuangan yang merata di seluruh Indonesia, salah satunya dengan memperluas akses Indonesia Mall di luar Pulau Jawa seperti Medan, Palembang, Denpasar, hingga Makassar.

Indonesia Mall pun bekerja sama dengan Haistar, penyedia jasa e-commerce solution dan warehouse logistic terkemuka di Indonesia. Haistar akan membantu dalam pelaksanaan operasional dan onboardring serta membuka hub logistik di setiap kota terpilih.

Selain itu, UMKM Indonesia Mall khusus yang bergerak bidang kuliner akan difasilitasi penjualan produknya melalui GoFood dan GrabFood untuk pengiriman same day delivery di dan cash on delivery dan pick up PT Pos Indonesia sehingga transaksi di Indonesia Mall menjadi lebih nyaman.

“Kami menargetkan 30 ribu pelaku UMKM terdaftar di Indonesia Mall pada 4 kota baru tersebut, diharapkan setidaknya dua ribu UMKM mendaftar pada tahap awal yang kemudian terus meningkat seiring berjalannya waktu,” ucapnya.

Adapun pelaku UMKM yang berminat masuk Indonesia Mall dapat mendaftar melalui https://bri.co.id/web/indonesiamall dengan melengkapi data diri dan usahanya. Selanjutnya mendaftar lewat online, pihak penjual akan diminta menyiapkan dokumentasi produk, dan mengirim sampel barang hingga proses pengiriman barang ke gudang inventori yang dikelola BRI yang kemudian akan dibantu oleh BRI untuk dijual melalui Indonesia Mall.

Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat dibeli melalui Qoo10 Singapura, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blanja.com, dan Blibli.com. Sepanjang 2019 lalu, pelaku UMKM binaan BRI mencatat Gross Merchandise Value (GMV) hingga Rp 3,2 miliar. Para pelaku UMKM go online juga turut berkontribusi menghimpun dana simpanan Rp 800 juta dan mampu mengajukan fasilitas kredit usaha hingga Rp 11,7 miliar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement