Ahad 05 Apr 2020 21:18 WIB

Italia Sebut Terlalu Dini Bicarakan Pencabutan Lockdown

Menteri Kesehatan Italia sebut masih terlalu dini bicara pencabutan lockdown

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Menteri Kesehatan Italia sebut masih terlalu dini bicara pencabutan lockdown. Ilustrasi.
Foto: Andrew Medichini/AP
Menteri Kesehatan Italia sebut masih terlalu dini bicara pencabutan lockdown. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA — Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza mengatakan masih terlalu dini untuk membicarakan kapan negara itu akan mencabut peraturan karantina wilayah atau lockdown. Dia ingin melakukan pengujian Covid-19 yang lebih luas dan meningkatkan layanan kesehatan.

“Ada bulan-bulan sulit di depan. Tugas kami adalah menciptakan kondisi untuk hidup dengan virus, setidaknya hingga vaksin dikembangkan,” kata Speranza kepada surat kabar La Repubblica pada Ahad (5/4).

Baca Juga

Lockdown bersifat nasional seharusnya berakhir pada 13 April mendatang. Namun secara luas peraturan itu akan diperpanjang. “Jika kita tidak teliti, kita berisiko membuang semua upaya yang telah kita lakukan,” ujar Speranza dalam komentar terpisah kepada harian Corriere della Sera.

Speranza mengaku telah mengeluarkan catatan yang menguraikan lima prinsip. Di dalamnya pemerintah berencana mengelola apa yang disebut “fase dua” darurat, yakni ketika lockdown mulai dilonggarkan tapi tak sepenuhnya ke kondisi normal.

Menurut dia, jarak sosial harus tetap diterapkan. Warga pun diminta mengenakan masker. Sementara sistem kesehatan lokal akan diperkuat guna memungkinkan perawatan yang lebih cepat dan efisien dari dugaan kasus Covid-19.

Pengujian dan pelacakan kontak akan diperluas, termasuk dengan penggunaan aplikasi ponsel pintar serta bentuk teknologi digital lainnya. Jaringan rumah sakit yang diperuntukkan khusus untuk merawat pasien Covid-19 akan dibentuk. “Sampai vaksin didistribusikan, kita tidak bisa mengesampingkan gelombang baru virus,” kata Speranza. Hingga berita ini ditulis, Italia memiliki lebih dari 124 ribu kasus Covid-19 dengan korban meninggal melampaui 15 ribu jiwa.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَسَلَكَهٗ يَنَابِيْعَ فِى الْاَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهٖ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا اَلْوَانُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَجْعَلُهٗ حُطَامًا ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَذِكْرٰى لِاُولِى الْاَلْبَابِ ࣖ
Apakah engkau tidak memperhatikan, bahwa Allah menurunkan air dari langit, lalu diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi, kemudian dengan air itu ditumbuhkan-Nya tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, kemudian menjadi kering, lalu engkau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal sehat.

(QS. Az-Zumar ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement