Senin 13 Apr 2020 23:32 WIB

ABK KM Kelud Positif Covid-19, Seluruh Penumpang Dikarantina

Karantina penumpang KM Kelud dilakukan di PTPN III.

Red: Nidia Zuraya
 Para pemudik bersiap menaiki Kapal Motor (KM) Kelud. ilustrasi (Aditya Pradana Putra/Republika)
Para pemudik bersiap menaiki Kapal Motor (KM) Kelud. ilustrasi (Aditya Pradana Putra/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak 56 penumpang Kapal Pelni KM Kelud akan menjalani proses karantina sementara di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III di Desa Sei Karang, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Karantina tersebut dilakukan menyusul kabar ada 40 anak buah kapal yang dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani rapid test di Batam.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, dr Aris Yudhariansyah di Medan, Senin (13/4) mengatakan bahwa seluruh penumpang dan ABK akan dikarantina sementara selama kurang lebih tiga hari. Namun, apabila hasil rapit test positif Covid-19, maka akan langsung diisolasi di rumah sakit.

Baca Juga

"Apabila hasil rapid test negatif, maka para penumpang dikarantina di PTPN III di Desa Sei Karang sedangkan para ABK akan dikarantina di kapal," katanya yang ditemui di Pelabuhan Belawan.

Sebelumnya, sebanyak 40 ABK M Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan bersandar di pelabuhan Batu Ampar Kota Batam dinyatakan positif Covid-19. Total penumpang yang dibawa 111 orang, dimana 31 orang turun di pelabuhan batu Ampar, 44 orang turun di pelabuhan Tanjung Balai Karimun dan 36 orang turun di Pelabuhan Belawan.