Warta Ekonomi.co.id, Jakarta
Pembuat konten TikTok sekarang dapat menambahkan stiker donasi ke video mereka dan streaming langsung untuk mendorong pengikut menyumbang dalam kegiatan amal selama pandemi Covid-19.
Setelah ditambahkan, pengguna dapat mengetuk stiker untuk langsung dibawa ke halaman donasi dalam aplikasi tempat mereka dapat menambahkan detail kartu kredit dan jumlah donasi.
Dilansir dari The Verge (28/4/2020), TikTok mengatakan akan mengumpulkan US$10 juta pertama yang disumbangkan secara global hingga 27 Mei. Daftar amal meliputi Yayasan CDC, Meals on Wheels, dan Yayasan James Beard di AS, juga Palang Merah Inggris dan Help Musicians di Inggris.
Baca Juga: 5 Inovasi Digital Biar Bisnis Survive di Tengah Pandemi Covid-19
TikTok mengatakan mereka mencoba memilih badan amal yang membantu komunitas-komunitas pengguna layanannya, dan yang sangat terpukul oleh pandemi tersebut.
Meskipun daftar awal amal difokuskan pada mereka yang karyanya penting selama pandemi Covid-19, TikTok mengatakan stiker donasinya akan menjadi fitur permanen yang berkelanjutan di aplikasinya. Stiker saat ini tersedia di AS, Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia.
TikTok bukan jaringan sosial pertama yang menambahkan stiker sumbangan amal. Tahun lalu Facebook dan Instagram menambahkan fitur serupa ke fitur cerita mereka. Instagram juga menambahkan opsi bagi bisnis nirlaba untuk menambahkan tombol donasi ke halaman mereka jika mereka menginginkan opsi yang lebih permanen.