Senin 11 May 2020 23:57 WIB

Manusia Memerlukan Hidayah

Hidayah diperlukan oleh manusia.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Manusia Memerlukan Hidayah. Foto: Ilustrasi Anak membaca Alquran.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Manusia Memerlukan Hidayah. Foto: Ilustrasi Anak membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran sebagai wahyu Allah yang diterima Rasulullah Nabi Muhammad SAW berfungsi sebagai hidayah atau petunjuk bagi manusia. Di Surah Al-Baqarah ayat 185 dikatakan bahwa Ramadhan adalah bulan diturunkannya Alquran sebagai petunjuk bagi umat manusia dan menjadi pembeda antara yang hak dan yang bathil.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir mengatakan, manusia memerlukan hidayah. Sebab setinggi apapun akal, pikiran dan kekuasaan manusia tetap ada batasnya. Karena itu manusia memerlukan hidayah agar arah dan tujuan hidupnya jelas.

Baca Juga

"Setinggi-tingginya manusia berakal dan berpikir itu ada batasnya, kita sekarang berada di dalam suasana pandemi virus corona (Covid-19), begitu kita menghadapi musibah yang dahsyat, ilmu pengetahuan belum tuntas bahkan mungkin sampai sekarang belum ditemukan vaksin yang bisa menjadi penawar bagi virus yang kelihatannya kecil ini tetapi dahsyat," kata Haedar dalam acara Kajian Daring Ramadhan Website Muhammadiyah bertema 'Memaknai Peringatan Nuzulul Quran' pada Ahad (10/5) malam.

Ia menjelaskan, sekarang lihat orang-orang yang punya kekuasaan seperti presiden atau perdana menteri di seluruh negeri menghadapi musibah ini. Ingat kekuatan manusia sehebat apapun ada batasnya.