Kamis 14 May 2020 20:55 WIB

Setelah Renovasi, Sarinah akan Seleksi Gerai dan Toko

Sarinah akan melakukan perubahan baik dari segi fisik maupun konsep bisnis.

Red: Ratna Puspita
Mal Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, diambil dari nama pengasuh Presiden Soekarno.
Foto: Republika
Mal Sarinah yang merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, diambil dari nama pengasuh Presiden Soekarno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat perbelanjaan Sarinah yang berada di Jalan Thamrin, Jakarta, akan melakukan seleksi dan penyesuaian terhadap gerai atau tenant yang akan kembali berusaha di lokasi tersebut. Sejalan dengan transformasi bisnis yang dilakukan, Sarinah juga akan melakukan perubahan baik dari segi fisik, yakni pemugaran gedung maupun konsep bisnis.

"Konsep bisnis juga akan disesuaikan dengan konsep bisnis Sarinah 'after transformation'. Jadi, akan ada penyesuaian-penyesuaian, mereka (tenant) tetap 'welcome' dengan seleksi dan penyesuaian konsep baru," kata Direktur Ritel PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati pada web seminar yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (14/5).

Baca Juga

Fetty menjelaskan transformasi bisnis, salah satunya renovasi gedung telah direncanakan sejak akhir 2019 agar Sarinah menjadi mal dan etalase pemasaran produk UKM Tanah Air. Rencananya, renovasi gedung Sarinah akan dimulai pada bulan Juni 2020. 

Karena itu, Sarinah pun telah meminta para mitra tenant untuk mengosongkan produk-produknya sampai akhir Mei ini. Salah satu gerai yakni McDonald's Indonesia bahkan menutup secara permanen sejak Minggu, 10 Mei lalu. 

Gedung Sarinah menjadi lokasi gerai perdana McDonald's Indonesia sejak 1991. Penutupannya secara permanen pun turut menarik perhatian masyarakat.

"Kemarin memang kejadian McDonald's dan publikasinya, tidak lain terkait dengan project transformasi Sarinah yang sudah dicanangkan dari tahun lalu. Hanya saja, pelaksanaannya baru dilakukan sekarang," kata Fetty.

Sebelumnya, Direktur Utama Sarinah Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa memaparkan ada sejumlah perubahan setelah gedung Sarinah direnovasi, salah satunya akan dibangun experience zone. Experience zone, kata Ngurah Yasa, memberi kesempatan bagi masyarakat untuk melihat budaya Indonesia, baik dari segi pariwisata, sejarah, permainan hingga kuliner.

"Kita tahu sekarang orang ke toko bukan cuma untuk berbelanja, mereka juga butuh ruang untuk berekspresi. Seperti disampaikan oleh Menteri BUMN, Sarinah harus tampil lebih 'friendly' lagi, tidak jadul," kata Ngurah Yasa.

Selain McDonald's Indonesia, ada 33 gerai lainnya yang ditutup selama renovasi berlangsung. Rinciannya sebagai berikut:

1. Telekomunikasi ada 1 tenant;

2. Restaurant, Food and Beverages ada 13 tenant;

3. Bank/ATM ada 10 tenant;

4. Money Changer ada 1 tenant;

5. Salon 2 tenant;

6. Tailor 1 tenant;

7. Supermarket dan minimarket 2 tenant;

8. Airline tiket 1 tenant;

9. Refleksi 1 tenant;

10. Entertainment 2 tenant.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement