Penabuh Gendang Ramadhan di Turki

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 16 May 2020 13:27 WIB

Penabuh Gendang Ramadhan di Turki. Foto ilustrasi: Lampu-lampu Ramadhan di Turki Foto: worldbulletin Penabuh Gendang Ramadhan di Turki. Foto ilustrasi: Lampu-lampu Ramadhan di Turki

REPUBLIKA.CO.ID,  ISTANBUL --- Mengenakan pakaian khas era Ottoman lengkap dengan masker, seorang penyanyi sufi di Turki, Eren Cosan membangunkan orang-orang di sana dengan tabuhan gendang untuk sahur. Namun tak hanya menabuh  gendang, Cosan juga menyanyikan lagu-lagu sufi tradisional yang liriknya sangat selaras dengan penderitaan yang dialami masyarakat selama Ramadhan di tengah pandemi covid-19.

Aksi Cosan pun viral di dunia Maya.  Video pendek yang menunjukan Cosan sedang menyanyikan lagu berjudul Beri aku Obat, Sultanku berhasil menjangkau satunjuta penonton di jejaring twitter dan situs berita. Video Cosan beserta musisi lainnya Unit Turker itu direkam di balkon sebuah jalan di Mamak, wilayah Ankara yang menjadi basis Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa. Cosan pun terkejut mengetahui dirinya terkenal.

Baca Juga

"Saya bahkan tak sadar bahwa kami divideokan, apalagi klipnya menjadi viral sampai hari berikutnya," kata Cosan yang mengaku melakukan pekerjaan sebagai penabuh gendang Ramadhan karena dirinya membutuhkan uang.

"Biasanya, band Sufi kami melakukannya dengan sangat baik sepanjang tahun, karena kami tampil di acara pernikahan dan konser ramadhan. Tapi semua kegiatan itu terhenti karena virus corona," kata Cosan seperti dilansir Al Monitor pada Sabtu (16/5).