Selasa 09 Jun 2020 09:07 WIB

NASA Selesaikan Flyby Kelima untuk Selidiki Korona Matahari

Parker Solar Probe diluncurkan pada Agustus 2018 untuk mempelajari korona matahari,

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Matahari. ILustrasi
Foto: Dailymail
Matahari. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pesawat ruang angkasa Parker Solar Probe NASA telah melakukan flyby kelima ke matahari. Probe tersebut melakukan penerbangan pada titik terdekatnya dengan matahari pada Senin (8/6).

Probe tersebut telah melakukan pengamatan maraton matahari sejak 9 Mei, ketika para ilmuwan yang berafiliasi dengan misi tersebut ingin memecahkan lebih banyak rahasia tentang cara kerja matahari.

Pengamatan akan berlanjut hingga 28 Juni atau total lebih dari tujuh pekan pengukuran selama penerbangan kelima probe melewati matahari. Pendekatan terdekat dari orbit ini, yang disebut perihelion, terjadi pada pukul 04.23 pagi EDT pada Ahad (7/6).

Pada saat itu, probe berada sekitar 11,6 juta mil (18,7 juta km) dari permukaan matahari dan melintas dengan kecepatan lebih dari 244.000 mph (393.000km/ph) relatif terhadap matahari. Dilansir dari Space, Senin (8/6) Parker Solar Probe diluncurkan pada Agustus 2018 dalam sebuah misi untuk mempelajari atmosfer luar matahari, yang disebut korona.