Warta Ekonomi.co.id, Jakarta
Grab hari ini meluncurkan GrabMerchant, platform all-in-one yang ditujukan untuk membantu UMKM Indonesia bertransformasi menjadi bisnis online, berkembang di era ekonomi digital, dan beradaptasi dengan tatanan baru.
GrabMerchant, yang mencakup aplikasi dan web portal, dilengkapi dengan fitur-fitur yang mudah digunakan oleh para mitra merchant guna menjalankan dan mengelola bisnis mereka secara menyeluruh.
Aplikasi ini membantu mitra merchant mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka. Sementara versi web portal menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan.
Baca Juga: Bantu UKM, GrabKios Jajakan Produk 5 Juta Mitra Bukalapak
"UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, akan tetapi sebagian besar masih offline. Pelaku UMKM harus segera melakukan transformasi digital atau akan tertinggal jauh dari UMKM lain yang sudah online. GrabMerchant salah satu komitmen jangka panjang kami Grab for Good untuk mempercepat transformasi digital UMKM Indonesia, dengan menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online secara mandiri," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia dalam video conference, Kamis (11/6/2020).
GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Profil pemilik akan memeroleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant, mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran hingga pengajuan fasilitas keuangan.
Profil pengelola toko membantu penggunanya mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari. Sementara profil kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan. Fitur profil pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif.
Di fitur grosir, Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox. Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang 'satu hari sampai'. Layanan ini tersedia untuk 100.000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.
Fitur marketing dalam GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat pengaturan iklan, yang membantu bisnis mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja dengan biaya US$1 per hari untuk mendorong kesadaran pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka.
Dengan fitur ini, mitra merchant GrabFood dapat membuat iklan banner dan iklan pencarian, memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan tersebut secara real-time melalui laporan yang mudah dipahami.
Baca Juga: Semringah Sambut New Normal, Grab Bakal Rombak Armadanya
Mitra merchant juga dapat berpartisipasi dalam rekomendasi kampanye yang dijalankan Grab dan menyusun skema promosi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan perangkat 'promo' yang tersedia dalam fitur pemasaran.
Terakhir, laporan bisnis. Fitur ini memberikan UMKM gambaran tentang bisnis mereka dari sisi kinerja penjualan, efisiensi kegiatan operasional, kebiasaan belanja pelanggan mereka, dan efektivitas dari kampanye pemasaran yang dilakukan.
Hal ini akan membantu mereka mengatasi tantangan kegiatan operasional bisnis serta menemukan dan menangkap dengan cepat berbagai peluang bisnis baru, seperti membuat paket menu makanan berdasarkan apa yang sering dipesan oleh pelanggan.