Ahad 28 Jun 2020 18:39 WIB

Suka Duka Perkuliahan Daring di Tengah Pandemi

Kendala perkuliahan daring, yakni berada di daerah yang akses sinyal masih sulit.

Red: Ratna Puspita
Ilustrasi aplikasi belajar online. Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memiliki banyak suka dan duka.
Foto: Pixabay
Ilustrasi aplikasi belajar online. Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memiliki banyak suka dan duka.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memiliki banyak suka dan duka. Salah satu hal yang menyenangkan adalah karena perkuliahan tatap muka ditiadakan membuat mereka dapat pulang kampung berkumpul bersama keluarga tercinta dalam waktu lama.

Rino salah seorang mahasiswa perguruan tinggi negeri di Padang, sejak April 2020 sudah berada di kampungnya di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Mahasiswa Semester IV itu senang bisa berkumpul bersama keluarga dalam waktu lama meskipun sesekali muncul kerinduan untuk bisa ke kampus, mengikuti kuliah tatap muka, bertemu rekan dan dosen.

Baca Juga

Sejak tiga bulan lalu perkuliahan dilaksanakan secara daring dan ia termasuk yang beruntung karena fasilitas penunjang untuk mengikuti perkuliahan daring cukup memadai. Akses internet yang cukup baik dan laptop dengan spesifikasi mumpuni membuat Rino lancar saja mengikuti perkuliahan tanpa kendala.

Secara umum layanan internet disediakan oleh dua jenis provider, yaitu perusahaan yang memang fokus menyediakan layanan internet dan yang kedua perusahaan penyedia jaringan seluler. Biasanya berlangganan internet dari provider yang memang fokus menyediakan internet akses lebih cepat dan stabil.