Senin 29 Jun 2020 23:23 WIB

Tiga Kabupaten di Bengkulu Zona Hijau Covid-19

Tiga kabupaten di Bengkulu ditetapkan zona hijau dengan nol kasus Covid-19.

Red: Yudha Manggala P Putra
Warga mengamati peta persebaran COVID-19 melalui laptop di Jakarta, Jumat (3/4/2020). Berdasarkan data Pemerintah hingga Jumat (3/4/2020) jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 1.986 orang dengan jumlah pasien sembuh mencapai 134 orang dan kasus meninggal dunia mencapai 181 orang.
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Warga mengamati peta persebaran COVID-19 melalui laptop di Jakarta, Jumat (3/4/2020). Berdasarkan data Pemerintah hingga Jumat (3/4/2020) jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 1.986 orang dengan jumlah pasien sembuh mencapai 134 orang dan kasus meninggal dunia mencapai 181 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyebut, sebanyak tiga kabupaten di daerah itu sudah ditetapkan menjadi zona hijau Covid-19 dengan nol kasus konfirmasi positif Covid-19.

"Jadi sekarang sudah tiga kabupaten yang sudah zona hijau yaitu Kabupaten Lebong, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Seluma," kata Herwan di Bengkulu, Senin (29/6).

Ia menjelaskan, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Seluma ditetapkan menjadi zona hijau setelah kasus konfirmasi positif Covid-19 di dua daerah itu dinyatakan sembuh.

Sebelumnya di Kabupaten Mukomuko ditemukan satu kasus konfirmasi positif dan di Kabupaten Seluma ditemukan tiga kasus konfirmasi positif.

Alasan lainnya, kata Herwan, karena di dua kabupaten itu selama satu bulan terakhir tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan Kabupaten Lebong sejak awal pandemi Covid-19 memang sudah menjadi zona hijau karena tidak ditemukan satu kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah itu.

"Ada tiga syarat untuk daerah yang zona kuning menjadi zona hijau yaitu tidak ada kasus positif, kasus positif yang ada sudah sembuh dan tidak ada penambahan kasus selama satu bulan terakhir," paparnya.

Data dari tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu menyebutkan ada enam kabupaten di Bengkulu yang saat ini berstatus zona kuning.

Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sedangkan Kota Bengkulu masih berstatus zona oranye karena menjadi daerah dengan kasus konfirmasi positif terbanyak di Provinsi Bengkulu.

Namun, kata Herwan tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Bengkulu Utara memiliki peluang untuk beralih menjadi zona hijau.

Syaratnya, jika dalam waktu satu bulan ini di tiga kabupaten itu tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif maka dapat menyusul menjadi daerah zona hijau.

"Tiga kabupaten itu tinggal menunggu waktu saja untuk menjadi zona hijau, kalau Kota Bengkulu kita berharap bisa segera berubah dari zona oranye menjadi zona kuning," kata dia.

Herwan mengatakan pihaknya terus berupaya memutus rantai penularan Covid-19 di daerah itu sehingga nantinya seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu menjadi zona hijau.

Upaya pencegahan dengan melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dan melakukan tracing terhadap kasus konfirmasi positif juga terus dilakukan, termasuk menangani kasus positif baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang melakukan isolasi mandiri.

"Hingga hari ini kasus konfirmasi positif di Provinsi Bengkulu sebanyak 125 kasus dan 89 diantaranya sudah sembuh," demikian Herwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement