Jumat 03 Jul 2020 05:33 WIB

Nama dan Nasab Nabi Muhammad

Nama Muhammad diberikan oleh kakek beliau Abdul Muthalib.

Red: Ani Nursalikah
Nama dan Nasab Nabi Muhammad
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Nama dan Nasab Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Nabi Muhammad SAW disebut dalam Al-Qur’an empat kali saja. Pertama, dalam Surat Ali Imran ayat 143. Allah SWT berfirman:

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٞ قَدۡ خَلَتۡ مِن قَبۡلِهِ ٱلرُّسُلُۚ أَفَإِيْن مَّاتَ أَوۡ قُتِلَ ٱنقَلَبۡتُمۡ عَلَىٰٓ أَعۡقَٰبِكُمۡۚ وَمَن يَنقَلِبۡ عَلَىٰ عَقِبَيۡهِ فَلَن يَضُرَّ ٱللَّهَ شَيۡ‍ٔٗاۗ وَسَيَجۡزِي ٱللَّهُ ٱلشَّٰكِرِينَ   

Baca Juga

“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun, dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.” (Q.S. Ali Imran 3: 144)

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW sebagaimana nabi dan rasul-rasul sebelumnya adalah manusia biasa yang akan mengalami kematian. Rasul-rasul sebelumnya ada yang wafat biasa, ada yang didahului sakit, dan ada juga yang mati dibunuh seperti Zakariya dan Yahya.