Senin 27 Jul 2020 10:19 WIB

Joe Biden Dominasi Suara di Area Kekuasaan Trump

Warga di Arizona, Florida, dan Michigan mulai tinggalkan Trump dan memilih Biden

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih
Warga di Arizona, Florida, dan Michigan mulai tinggalkan Trump dan memilih Biden. Ilustrasi.
Foto: EPA
Warga di Arizona, Florida, dan Michigan mulai tinggalkan Trump dan memilih Biden. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Pada 2016 lalu, Presiden AS Donald Trump berhasil memenangkan suara terbanyak di Arizona, Florida, dan Michigan. Akan tetapi, dukungan warga di tiga negara bagian tersebut tampaknya mulai beralih di masa 100 hari menjelang Pemilu AS 2020.

Hasil polling CNN yang dilakukan SSRS menunjukkan bahwa dukungan warga di ketiga negara bagian tersebut telah beralih dari Trump ke mantan wakil presiden AS Joe Biden. Di Florida, Biden berhasil meraih 51 persen dukungan sedangkan Trump meraih 46 persen dukungan.

Baca Juga

Di Michigan, Biden juga unggul dengan 52 persen dukungan dibandingkan Trump yaitu 40 persen. Hal yang sama juga terlihat di Arizona. Biden meraih dukungan sebesar 49 persen dan Trump 45 persen.

Beberapa polling berkualitas tinggi juga menunjukkan bahwa Biden unggul di Florida dan Michigan. Sedangkan di Arizona, hasil polling terkadang menunjukkan hasil berbeda namun Biden beberapa kali unggul dalam beberapa polling tersebut.

Di ketiga negara bagian ini, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kemampuan Trump untuk menangani pandemi Covid-19 dan kesenjangan rasial juga rendah. Secara umum, tingkat ketidakpuasan masyarakat terhadap Trump di ketiga negara bagian tersebut adalah 57 persen di Michigan, 54 persen di Arizona, dan 51 persen di Florida.

Khusus terkait isu pandemi Covid-19 dan kesenjangan rasial, tingkat ketidakpuasan masyarakat di ketiga negara bagian tersebut mencapai angka sekitar 60 persen.

Seperti dilansir CNN, Trump masih berpotensi menguasai ketiga negara bagian ini bila berfokus pada perbaikan ekonomi. Tingkat kepuasan masyarakat terkait cara Trump menangani permasalahan ekonomi di Arizona dan Florida mencapai 52 persen. Sedangkan di Michigan, tingkat kepuasan dan ketidakpuasan masyarakat dalam isu tersebut hampir berimbang.

Baik Trump dan Biden sama-sama mengklaim bahwa mereka merupakan pilihan yang lebih baik untuk keamanan warga Amerika di masa mendatang. Kampanye Trump berfokus pada pesan hukum dan ketertiban. Sedangkan kampanye Biden berfokus pada kritik terhadap kebijakan-kebijakan Trump yang merugikan warga Amerika Serikat.

Sekitar 52 persen masyarakat di Michigan yakin bahwa Biden dapat menciptakan keamanan bagi warga Amerika Serikat. Akan tetapi, Biden dan Trump mendapatkan dukungan yang seimbang di Arizona dalam isu ini. Di Florida, 51 persen warga lebih yakin bahwa Trump dapat menciptakan keamanan untuk mereka dibandingkan Biden.

Di ketiga negara bagian ini, sebagian besar dukungan untuk Biden datang dari kalangan perempuan. Di kalangan perempuan dengan kulit berwarna, Biden juga mendapatkan dukungan mayoritas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement