Rabu 29 Jul 2020 16:25 WIB

KBRI Beijing Pantau WNI Positif Covid-19

WNI positif Corona usai melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Beijing.

Red: Teguh Firmansyah
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar RI di Beijing terus memantau kasus positif Covid-19 yang menimpa seorang warga negara Indonesia. Warga itu positif usai melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Beijing lewat Hong Kong.

"KBRI sudah monitor dan terus monitor," demikian pesan singkat Wakil Duta Besar RI di Beijing Dino Kusnadi, Rabu (29/7).

Baca Juga

Menurut dia yang bersangkutan dalam kondisi baik. Deputi Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Kota Beijing, Pang Xinghuo pada Rabu pagi menyebutkan seorang WNI berusia 63 tahun dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Beijing melalui Hong Kong. "Secara detail satu kasus impor sebagai berikut, seorang pria berusia 63 tahun berkewarganegaraan Indonesia," ujarnya.

Pria tersebut terbang dari Jakarta menuju Hong Kong pada Ahad (26/7) dan kemudian berpindah pesawat Cathay Pacific Dragonair untuk melanjutkan perjalanan menuju Beijing pada hari yang sama. Setibanya di Beijing pada Senin (27/7), pria tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes asam nukleat.

Kemudian menurut Pang, pria tersebut segera dilarikan ke Rumah Sakit Ditan, Beijing, dengan mobil ambulans. Sejak wabah tersebut berjangkit pada Desember 2019, baru satu WNI yang dinyatakan positif. Sampai saat ini, belum ada penerbangan langsung dari China ke Indonesia atau arah sebaliknya, baik oleh maskapai China maupun Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement