Selasa 29 Sep 2020 17:52 WIB

Rusunawa Unsil Digunakan untuk Isolasi Pasien tanpa Gejala

Ruang isolasi rumah sakit di Kota Tasikmalaya sudah penuh terisi oleh pasien Covid-19

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Pasien positif Covid-19 tanpa gejala mulai menempati Rusunawa Unsil di Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Selasa (29/9).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Pasien positif Covid-19 tanpa gejala mulai menempati Rusunawa Unsil di Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, Selasa (29/9).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya kembali mengaktifkan rumah susun sewa (rusunawa) Universitas Siliwangi di Kecamatan Tamansari untuk menampung pasien positif Covid-19. Hal ini disebabkan ruang isolasi rumah sakit di Kota Tasikmalaya sudah penuh terisi oleh pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, dari ruang isolasi di rumah sakit itu seharusnya hanya untuk menampung pasien dengan gejala sedang hingga berat. Namun, saat ini semua ruangan isolasi di rumah sakit sudah terisi penuh. Ketika ada pasien yang memiliki gejala sedang hingga berat, pasien akan kesulitan mendapatkan penanganan.

"Saat ini sudah penuh kondisinya, karenanya kita buka di rusunawa untuk isolasi (pasien tanpa gejala dan gejala ringan)," kata dia, Selasa (28/9).

Mulai Selasa, pasien tanpa gejala atau dengan gejala yang dirawat di rumah sakit akan dipindahkan ke Rusunawa Unsil. Sebab, ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit tak boleh dalam kondisi penuh, untuk mengantisipasi timbulnya pasien dengan gejala mendapat perawatan.