Senin 16 Nov 2020 17:26 WIB

Mengapa Mobil Dijadikan Teroris Senjata Baru Mematikan?

Mobil dijadikan sebagai senjata baru mematikan oleh teroris.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Mobil dijadikan sebagai senjata baru mematikan oleh teroris. Ilustrasi mobil
Foto:

Serangan serupa terjadi di London, Stockholm, dan sekarang di Barcelona di mana serangan van menewaskan 13 orang dan menyebabkan sedikitnya 100 orang terluka. 

Mengapa mobil? Serangan-serangan ini, meski tersebar dan tidak menunjukkan bukti koordinasi eksplisit, menunjukkan popularitas yang semakin berbahaya dalam penggunaan mobil sebagai senjata teror. Mobil tidak seperti senjata dan alat peledak, mobil mudah diakses, sederhana dan tidak menaruh curiga sampai serangan sudah terjadi. 

Di luar itu, truk dan kendaraan besar lainnya dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Sejumlah korban yang terbunuh dan terluka dalam berbagai serangan ini mewakili sejumlah besar orang yang telah kehilangan nyawa di tangan instrumen yang tidak dirancang untuk menjadi senjata, namun tetap dapat menyebabkan malapetaka. 

Meskipun peristiwa baru-baru ini di Charlottesville tampaknya melampaui mobil sebagai alat teroris secara khusus, fenomena tersebut sebagian besar tetap merupakan terorisme. 

photo
Gerakan ISIS (ilustrasi) - (VOA)

Sebelumnya, Alqaeda dan ISIS telah mempromosikan praktik penyerangan kendaraan, dan dengan gerakan Islam global yang mengancam serangan di setiap sudut dunia, kendaraan mewakili era baru persenjataan teroris.  

Karena semakin banyak anak muda menjadi radikal oleh propaganda Islam dan memilih untuk melakukan serangan terhadap warga sipil, penggunaan persenjataan non-konvensional akan meningkat. 

Memang, mereka yang sudah terinspirasi serangan kendaraan sebelumnya mungkin menggunakan truk dan mobil mereka sendiri untuk melakukan tindakan yang mengerikan.  

Serangan teroris secara tidak langsung dalam kapasitas ini telah menjadi wajah baru terorisme modern. Mereka mewakili sebuah isu radikalisme dan kekerasan yang hanya bisa dijawab dengan menangani masalah fundamentalisme Islam dan ekstrimisme secara umum.

Tanpa kekuatan yang memadai untuk memerangi propaganda dan terorisme, serangan mobil akan terus terjadi di kota-kota besar di seluruh dunia dan dunia akan melihat tragedi Barcelona, Nice, London, dan Quebec lagi dan lagi.

 

Sumber: https://www.thepavlovictoday.com/cars-weapon-new-age-islamic-terrorism/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement