Selasa 17 Nov 2020 14:30 WIB

Babel Dipilih Jadi Lokasi Festival Maritim 2021

Festival ini diharapkan kembali membangkitkan ekonomi Babel pascapandemi.

Wisata air di Pulau Lengkuas di Provinsi Bangka Belitung (ilustrasi). Provinsi Bangka Belitung ditunjuk Kemenparekraf sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Festival Maritim 2021.
Foto: Republika / Darmawan
Wisata air di Pulau Lengkuas di Provinsi Bangka Belitung (ilustrasi). Provinsi Bangka Belitung ditunjuk Kemenparekraf sebagai salah satu tempat penyelenggaraan Festival Maritim 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memilih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Maritim 2021. Salah satu tujuan festival ini adalah utnuk membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi usai pandemi.

"Saya berharap seluruh stakeholder dan masyarakat bersinergi dan mendukung kebijakan nasional ini untuk membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi pasca pendemi Covid-19," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah saat memimpin rapat koordinasi penyelenggaraan Festival Maritim 2021 di Pangkalpinang, Selasa (17/11).

Baca Juga

Ia mengatakan, Festival Maritim tahun depan yang bertemakan "Cumi-Cumi Pelangi" akan akan digabungkan dengan voli pantai Asia Pasific Beach Volley di Pulau Belitung. "Belitung sangat tepat menjadi lokasi Festival Maritim dan voli pantai dengan pasirnya yang sangat indah," kata dia.

Abdul menjelaskan, Festival Maritim akan dilaksanakan di 12 lokasi, dengan enam lokasi utama dan enam lokasi pendamping. Setiap kegiatan akan berlangsung selama kurang lebih empat hingga tujuh hari. Sehingga selain di Belitung, festival ini juga dilaksanakan di Jakarta, Nusa Dua, Mandalika, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

"Ditetapkannya Belitung salah satu destinasi wisata nasional tentunya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke sini," kata dia.

Ia menambahkan, festival ini akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan termasuk para pelaku UMKM, pelajar, dan seniman untuk bersama-sama membangkitkan kembali pariwisata di sana. Saat ini, rencana pelaksanaan masih terus dimantangkan bersama organisasi perangkat daerah.

 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement