Selasa 22 Dec 2020 16:28 WIB

18 Astronaut Dilatih untuk Misi Artemis, Misi Menuju Bulan

Astronaut direncanakan untuk kembali mendarat di permukaan Bulan pada 1924.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.
Foto: ap
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Dalam waktu kurang dari empat tahun ke depan, Badan Antariksa Amerika (NASA) akan mengirimkan manusia ke Bulan sebagai bagian dari misi Artemis III. Ini adalah pertama kalinya astronaut akan kembali mendarat di permukaan Bulan, sejak misi terakhir dalam Program Apollo, yaitu Apollo 17 pada 1972.

Tak hanya itu, dalam misi kali ini, NASA juga optimistis dapat mengirimkan perempuan pertama ke Bulan. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, badan antariksa ini mengumumkan nama 18 astronaut yang akan menjadi bagian dari Tim Artemis.

Baca Juga

Dalam pertemuan  Dewan Antariksa Nasional (NSC) di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida pada pekan lalu, Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence memperkenalkan para astronaut NASA dan mengomentari pentingnya sejarah seleksi mereka. Ia mengatakan sungguh menakjubkan untuk berpikir bahwa manusia berikutnya di Bulan adalah para astronot yang terpilih.

“Ini adalah Pahlawan yang akan membawa kita ke Bulan. Astronaut Tim Artemis adalah masa depan penjelajahan luar angkasa Amerika dan masa depan itu cerah,” ujar Pence dalam sebuah pernyataan, dilansir Universe Today, Selasa (22/12).

Misi Artemis adalah puncak dari kerja keras dan dedikasi selama puluhan tahun dari personel NASA dan mitra komersial. Semuanya dimulai pada pertengahan 2000, dengan Program Konstelasi, yang akhirnya berubah menjadi "Perjalanan ke Mars" NASA.

Intrinsik dari rencana tersebut adalah penciptaan sistem peluncuran berat baru dan kapsul ruang angkasa berkemampuan awak yang memungkinkan misi ke Bulan dan tujuan luar angkasa lainnya. Ini menghasilkan pengembangan Space Launch System (SLS) dan kapsul ruang angkasa Orion.

NASA telah membuktikan desain Orion dalam penerbangan dan membuat kapsul yang akan digunakan untuk misi Artemis I dan II, yang sebelumnya dikenal sebagai Misi Eksplorasi-1 dan -2. Misi pertama akan mengirim Orion yang tidak berawak di sekitar Bulan, yang kedua akan mengirim astronaut dalam penerbangan mengelilingi Bulan.

Berbagai komponen yang membentuk SLS masih dirakit, diuji, dan diintegrasikan. Masih belum jelas apakah akan siap pada saat peluncuran perdana.

Beruntung, NASA siap menggunakan kendaraan peluncuran komersial jika terjadi penundaan lebih lanjut - seperti SpaceX's Falcon Heavy, Blue Origins New Glenn, atau ULA's Vulcan Centaur. Program ini juga memanfaatkan data yang dikumpulkan oleh beberapa misi robotik yang telah memetakan Cekungan Kutub Selatan-Aitken dan pasokan es airnya yang melimpah secara lebih rinci.

Di luar Artemis III, NASA berencana untuk membangun pos terdepan di Kamp Pangkalan Artemis pada akhir dekade ini. Dikombinasikan dengan Artemis Gateway atau Gerbang Bulan di orbit, infrastruktur ini akan memungkinkan program untuk eksplorasi Bulan yang berkelanjutan.

Penugasan untuk tim Artemis akan diumumkan kemudian. Termasuk dengan anggota tim tambahan, seperti astronot dari badan antariksa yang bermitra juga akan bergabung dengan tim.

Ini termasuk satu astronot dari Badan Antariksa Kanada (CSA), yang akan terbang dengan misi Artemis II saat melakukan penerbangan keliling. Administrator NASA Jim Bridenstine juga siap membantu dan menyampaikan hal tentang tim tersebut.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan presiden dan wakil presiden AS terhadap program Artemis, serta dukungan bipartisan untuk semua tujuan sains, penelitian aeronautika, pengembangan teknologi, dan eksplorasi manusia NASA. Hasilnya, kami sangat bersemangat untuk membagikan langkah eksplorasi selanjutnya ini,” jelas Bridenstine.

Misi Artemis I saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada November 2021 dan diperkirakan akan berlangsung selama 25 hari. Selanjutnya, Artemis II, yang dapat mencakup pertemuan luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa lain dijadwalkan, akan berlangsung sekitar 10 hari dan diluncurkan pada 2023.

Jika semua berjalan sesuai rencana, misi pertama NASA ke permukaan Bulan sejak Era Apollo akan berlangsung pada bulan Oktober 2024. Sementara itu, NASA terus bekerja sama dengan mitra komersial untuk mengembangkan sistem pendaratan manusia (HLS). NASA juga mengembangkan pendarat bulan yang dapat digunakan kembali yang akan memungkinkan astronot melakukan perjalanan ke dan dari permukaan bulan dari kapsul Orion.

Tim Definisi Sains Artemis III juga merilis laporan akhirnya, yang menjelaskan tujuan untuk misi bulan berawak dan program yang lebih besar. NASA juga merilis Artemis Accords pada Mei lalu, yang telah ditandatangani oleh tujuh negara mitra dan badan antariksa lainnya.

Dengan anggota Tim Artemis yang sekarang diumumkan, NASA akhirnya dapat menampilkan wajah manusia pada era kembalinya umat manusia ke Bulan yang telah lama ditunggu-tunggu. Astronot Pat Forrester mengatakan ada begitu banyak pekerjaan menarik di depan kita saat manusia kembali ke Bulan dan itu akan membutuhkan seluruh korps astronot untuk mewujudkannya.

“Berjalan di permukaan bulan akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi salah satu dari kita, dan peran apa pun yang dapat kita mainkan untuk mewujudkannya adalah suatu kehormatan. Saya bangga dengan kelompok ini dan tahu bahwa ada di antara mereka yang akan melakukan pekerjaan luar biasa mewakili NASA dan AS dalam misi Artemis di masa depan,” ungkap Forrester.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement