Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

19 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Corona Bukan Pandemi Terakhir di Bumi, Begini Prediksi Bill Gates

Kamis 31 Dec 2020 02:46 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Corona Bukan Pandemi Terakhir di Bumi, Begini Prediksi Bill Gates. (FOTO: Reuters/Simon Dawson)

Corona Bukan Pandemi Terakhir di Bumi, Begini Prediksi Bill Gates. (FOTO: Reuters/Simon Dawson)

Pandemi virus Covid-19 bukanlah pandemi terakhir di muka Bumi.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Pendiri Microsoft Bill Gates sependapat dengan Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Gehbreyesus yang mengatakan bahwa pandemi virus Covid-19 bukanlah pandemi terakhir di muka Bumi.

Menurut Gates, dilansir dari AFP di Jakarta, Rabu (30/12/2020) jika dunia tak segera mengatasi perubahan iklim dan kesejahteraan hewan, maka pandemi bisa terus berdatangan. Karena itulah Gates dan WHO mengimbau masyarakat di seluruh dunia untuk belajar dari pandemi Covid-19 ini.

"Sudah terlalu  m2 2344444444444lama, dunia telah beroperasi dalam siklus kepanikan dan pengabaian," ujar Gates dalam video 'Hari Kesiapsiagaan Epidemi Internasional'.

Baca Juga: Bill Gates Ungkap Alasan Mengapa Dirinya Getol Gelontorkan Uang untuk Vaksin Corona

Bill Gates menyayangkan bagaimana orang-orang rela menghamburkan uang saat wabah terjadi. Dan ketika wabah berakhir, mereka lupa segalanya dan serakah.

"Kita membuang uang saat terjadi wabah dan ketika sudah berakhir, kita melupakannya dan tidak melakukan apa pun untuk mencegah wabah berikutnya. Ini sangat picik, dan terus terang sulit untuk dipahami."

Dalam podcast Billl Gates and Rashida Ask Big Questions, miliarder yang hobi filantropi ini memprediksi bahwa kemungkinan dunia akan kembali kedatangan pandemi dalam jangka waktu yang tidak dapat diprediksi.

"Jika kita melakukannya dengan baik, akan datang pada 20 tahun, namun tetap harus berasumsi akan datang dalam tiga tahun," ujar Gates.

Lebih lanjut, Gates mengatakan bahwa pandemi tidak akan menimbulkan kerusakan besar seperti Covid-19 asalkan dunia lebih siap menghadapinya.

"Sebagian besar negara akan merespon seperti Australia dan Korea Selatan, dengan pengujian dan karantina. Alat pengujian akan lebih baik. Kita tidak akan sebodoh itu pada kesempatan tersebut," tandas Gates.

Gates berharap pandemi bisa segera selesai di seluruh dunia lantaran vaksin Covid-19 mulai banyak bermunculan dan beberapa negara telah mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile