Senin 01 Feb 2021 21:18 WIB

Kesimpulan PPIM UIN Jakarta Soal Gerakan Hijrah Kontemporer

Gerakan hijrah kontemporer dalam kesimpulan PPIM UIN Jakarta.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Kesimpulan PPIM UIN Jakarta Soal Gerakan Hijrah Kontemporer . Foto ilustrasi: Artis yang tergabung dari Hijab Squad memperkenalkan diri dalam acara Hijrah fest 2018 di JCC, Jakarta, Jumat (9/11).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kesimpulan PPIM UIN Jakarta Soal Gerakan Hijrah Kontemporer . Foto ilustrasi: Artis yang tergabung dari Hijab Squad memperkenalkan diri dalam acara Hijrah fest 2018 di JCC, Jakarta, Jumat (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta melakukan penelitian tentang Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer di tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terungkap bahwa konservatisme yang ditunjukan komunitas-komunitas hijrah yang diteliti sangat beragam, sehingga tidak bisa disamakan.

Koordinator Peneliti Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer, Windy Triana menyampaikan kesimpulan penelitiannya. Ia menjelaskan ada dua tipologi komunitas hijrah kontemporer di Indonesia. Yaitu tipologi konservatif dan Islamis. Kelompok konservatif terdiri dari salafi dan non-salafi.

Baca Juga

"Selanjutnya, komunitas salafi menunjukkan karakteristik salafi murni dan salafi akomodatif," kata Windy saat peluncuran hasil penelitian Tren Keberagamaan Gerakan Hijrah Kontemporer secara virtual, Senin (1/2).

Ia mengatakan, terminologi salafi akomodatif digunakan dalam penelitian ini untuk menyebut komunitas salafi yang menunjukkan sikap akomodatif terhadap nilai-nilai modern. Karakteristik ini tidak terakomodasi oleh penelitian-penelitian terdahulu tentang salafisme. Tipologi tersebut didasarkan kepada kajian mendalam terhadap respon komunitas terhadap isu seperti kebangsaan, toleransi dan gender.

Ia menerangkan, konservatisme yang ditunjukan oleh kelima komunitas hijrah yang diteliti ini sangat beragam. Sehingga tidak bisa disamakan antara satu komunitas dengan komunitas lain.

Berdasarkan hasil penelitian PPIM UIN Jakarta, Windy juga menilai bahwa komunitas hijrah dapat dikatakan berhasil dalam menjaring pengikut dari kalangan muda milenial dari beragam kelas sosial.

"Hal ini karena kemampuan komunitas untuk menggunakan cara-cara dakwah non-konvesional dengan memaksimalkan penggunaan media sosial, cara komunikasi ala anak muda, dan kemampuan mengikuti dan merespon tren (gaya hidup dan isu) yang berkembang," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan, ada fragmentasi otoritas keagamaan menjadikan komunitas hijrah menjadi lebih populer dari komunitas Muslim mainstream yang cenderung menjaga otoritas keagamaan yang mapan.

Lima komunitas hijrah yang diteli PPIM UIN Jakarta di antaranya, pertama, komunitas Pemuda Hijrah Shift di Bandung (konservatif non salafi). Kedua, Kajian Musyawarah di Jakarta yang isinya para artis serta selebriti yang berhijrah (konservatif non salafi).

Ketiga, Yuk Ngaji di Jakarta yang digawangi oleh Felix Siauw (islamis). Keempat, Terang Jakarta (konservatif salafi akomodatif). Kelima, The Stranger Al Ghuroba di Jakarta (konservatif salafi murni), menurut peneliti PPIM UIN Jakarta, komunitas ini yang sangat tertutup.

Windy juga menjelaskan tentang tipologi dan spektrum gerakan hijrah yang ditemukan dalam penelitian PPIM UIN Jakarta. Pertama, konservatif dan yang kedua islamis. Kelompok yang konservatif terdiri dari yang salafi dan non salafi. Salafi ada dua, di antaranya salafi akomodatif dan salafi murni.

"Salafi akomodatif ini cukup unik, dan kami membuat (istilah) salafi akomodatif ini untuk mengakomodasi kecenderungan (orang-orang) salafisme yang sangat terbuka pada beberapa isu," jelasnya.

Ia menerangkan, kelompok salafi akomodatif tidak terakomodasi oleh definisi dan kategorisasi salafi yang dibuat oleh Quintan Wictorowicz dan Din Wahid.

"Jadi kami memunculkan istilah salafi akomodatif, mereka semua tergabung dalam Muslim United dan Barisan Bangun Negeri kecuai The Strangers Al Ghuroba (kelompok salafi murni)," kata Windy.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement