Jumat 26 Feb 2021 18:40 WIB

'PAN tidak akan Ikut di Konvensi Partai Nasdem'

PAN menyebut ada sejumlah alasan tidak ikut konvensi capres Nasdem.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate memberikan keterangan pers menjelang Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate memberikan keterangan pers menjelang Kongres II dan HUT ke-8 Partai Nasdem di kantor DPP NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) memastikan tidak akan mengikuti konvensi calon presiden untuk 2024 yang digelar Partai Nasdem. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengatakan, meski mengapresiasi sikap Nasdem mengajak partai lain, ia mengaku ada sejumlah alasan tidak ikut.

"PAN tidak akan ikut di konvensi Partai Nasdem. Alasannya, pertama, PAN sudah memiliki mekanisme partai dalam menjaring dan menetapkan calon presiden," ujar Viva Yoga, Jumat (26/2).

Alasan kedua, PAN saat ini masih melakukan proses konsolidasi dengan pengurus partai di semua wilayah. Tujuannya untuk penataan jaringan partai dan meningkatkan kualitas program perkaderan.

"Ketiga, PAN memprioritaskan untuk membantu pemerintah dalam memberantas pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional agar rakyat dapat bekerja normal kembali," ujar Viva Yoga.

Diketahui, Partai Nasdem sedang serius mempersiapkan konvensi calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan konvensi capres tersebut akan dimulai pada 2022.

"Nasdem mempersiapkan secara sungguh-sungguh konvensi calon presiden diawali pada tahun 2022. Konvensi capres ini merupakan wujud keterbukaan Partai Nasdem bagi anak-anak bangsa yang pantas dan berkualitas untuk memimpin bangsa dan negara sesuai amanat konstitusi," kata Johnny dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Kamis (25/2).

Johnny mengatakan, konvensi capres yang dilakukan Partai Nasdem berbeda dengan konvensi yang pernah dilakukan Partai Demokrat pada 2013 lalu. Ia mengatakan Partai Nasdem mempunyai personel yang cukup pengalaman dalam melaksanakan konvensi capres.

"Termasuk, pengalaman ketua umum Partai Nasdem yang menggagas konvensi capres di partai sebelumnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement