REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkan Jimny Challenge sebagai kompetisi otomotif Tanah Air secara daring dengan penonton terbanyak dan kompetisi otomotif (daring) dengan hadiah terbesar.
"Tentunya prestasi ini belum ada yang mengalahkan, sehingga kami layak memberikan penghargaan MURI ini," kata Yusuf Ngadri, senior manager Museum Rekor Indonesia (MURI) di Jakarta, Sabtu (13/3).
Jimny Challenge merupakan event otomotif terbesar tahun 2020 (di masa pendemi covid 19) yang memperebutkan hadiah Rp 1 miliar. Video Jimny Highlight disaksikan oleh konten video di kanal YouTube ditonton lebih dari 18 juta kali dalam satu bulan dan beberapa kali menjadi trending.
Kegiatan Jimny Challenge diselenggarakan dengan road trip dari Jakarta-Malang-Banyuwangi diikuti empat orang yang sudah akrab di dunia media sosial maupun otomotif yaitu Fitra Eri, Ridwan Hanif, Arief Muhammad, dan Motomobi.
Lebih lanjut, Gilang Widya Pramana sebagai penggagas kegiatan ini mengatakan, konten video yang memiliki total delapan episode. Setiap episodenya menjadi trending YouTube dan disaksikan lebih dari 18.075.548 orang, 127.090 komentar, dan 900 ribu disukai tercatat dalam satu bulan.
"Sejak diunggah video pertama tanggal 20 September 2020 hingga episode kedelapan tanggal 20 Oktober 2020 konten video ini telah disaksikan lebih dari 18.075.548 penonton. Ini suatu pencapaian yang luar biasa dalam waktu satu bulan," kata pendiri MS Glow ini.
Fitraeri , salah satu peserta, mengatakan, apa yang dialami dalam kegiatan di Jimny Challenge termasuk langka, karena menempuh perjalanan panjang dan penuh tantangan. Pembuatan videonya pun memakan waktu lama dan melelahkan.
Jimny Challenge bisa dikatakan sebagai kegiatan otomotif yang berbeda dengan kegiatan lain. Apalagi tengah masa pandemi Covid-19, kegiatan ini mampu menyedot animo para pecinta otomotif Tanah Air.