Senin 29 Mar 2021 16:07 WIB

PSSI Ungkap Alasan Kepulangan Shin Tae-yong ke Korsel

PSSI menanggapi kabar miring mengenai kondisi Shin Tae-yong.

Red: Muhammad Akbar
Lee Jae-hong, asisten pelatih Shin Tae-yong.
Foto: DOK PSSI
Lee Jae-hong, asisten pelatih Shin Tae-yong.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA — PSSI menyatakan rencana kepulangan pelatih timnas asal Korea Selatan (Korsel) Shin Tae-yong ke negaranya murni merupakan keinginan dari pihak keluarga dan keluarga juga telah menyanggupi pembiayaannya.

​Penjelasan tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menanggapi kabar miring mengenai kondisi Shin Tae-yong yang kini sudah kembali ke negaranya untuk menjalani pemulihan setelah terpapar Covid-19.

"Pihak kedutaan datang berkunjung ke PSSI dan langsung ketemu saya, Wakil Sekjen PSSI, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan dokter timnas. Pertemuan itu berlangsung pada 26 Maret lalu," kata Yunus saat dikonfirmasi dari Samarinda, Senin (29/3).

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan bahwa pihak keluarga, yakni istri dari Shin Tae Yong, meminta izin kepada PSSI untuk mengajak pelatih timnas tersebut pulang dulu ke Korea Selatan guna menjalani proses penyembuhan dan pemulihan akibat Covid-19.

"Mereka (keluarga Shin Tae-yong) sekaligus menyampaikan kepada kami bahwa segala biaya yang timbul akan ditanggung oleh pihak keluarga, bukan pihak kedutaan, seperti informasi yang beredar," kata Yunus yang saat ini sedang berada di Malang.

Ia menambahkan, agen pelatih timnas Jun juga telah menyampaikan kepada Wasekjen PSSI untuk membawa pulang Shin Tae-yong ke Korea Selatan.

"Mereka membuat surat pernyataan yang menyebutkan bahwa pembiayaan kepulangan pelatih timnas tersebut akan ditanggung pihak keluarga," kata Yunus Nusi menjelaskan.

Menurut dia, ada kontrak profesional yang harus saling dihargai dan pihak keluarga Shin Tae-yong dapat memahami sepenuhnya.

Sejauh ini, ia menambahkan, PSSI telah berupaya maksimal untuk bertangung jawab atas kondisi pelatih timnas tersebut, termasuk membiayai perawatan Shin Tae-yong selama di rumah sakit di Jakarta.

Sebelumnya, kantor berita Korea Selatan Yonhap menyebut PSSI tidak membiayai transportasi kepulangan Shin Tae-yong ke Korea Selatan.

Shin Tae-yong sudah dinyatakan negatif Covid-19 sejak Jumat (26/3) lalu setelah dirawat secara intensif selama sepekan di rumah sakit di Jakarta. Dia pun dilaporkan terbang menuju ke Korea Selatan pada Sabtu (27/3) pagi WIB dengan menggunakan ambulans udara. Pria berusia 51 tahun itu akan melanjutkan perawatan di Seoul karena penyakit kronisnya makin parah.

​​​Yonhap mengabarkan Shin Tae-yong menanggung ongkos kepulangannya sendiri dengan difasilitasi ambulans udara oleh Kedubes Korea Selatan. Sementara, biaya ambulans udara dari Jakarta menuju Bandara Incheon ditaksir mencapai 130 juta won atau setara dengan Rp 1,6 miliar.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement