Senin 26 Apr 2021 17:07 WIB

PBNU Instruksikan Sholat Ghaib untuk Awak KRI Nanggala

Selain sholat ghaib, PBNU juga instruksikan pelaksanaan tahlil

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Umat Islam melaksanakan shalat ghaib dan doa bersama di Gedung Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/4/2021). Shalat ghaib dan doa bersama yang diikuti dosen serta karyawan Unusa tersebut untuk mendoakan seluruh kru KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.
Foto: Antara/Moch Asim
Umat Islam melaksanakan shalat ghaib dan doa bersama di Gedung Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/4/2021). Shalat ghaib dan doa bersama yang diikuti dosen serta karyawan Unusa tersebut untuk mendoakan seluruh kru KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak kapal KRI Nanggala-402 pada Ahad (25/4) atau 13 Ramadhan 1442 H. 

Hal ini disampaikan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Senin (26/4).

Baca Juga

"Saya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 awak kapal selam Nanggala-402 pada Ahad, 13 Ramadhan 1442 H, yang bertepatan dengan 25 April 2021," tuturnya.

Kiai Said mengajak mendoakan arwah mereka diterima di sisi Allah SWT, ditempatkan di tempat yang indah dan damai, diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal salehnya. "Kepada keluarga yang ditinggal, semoga diberi ketabahan dan kesabaran, semuanya adalah musibah dari Allah," ucapnya.

PBNU juga telah menginstruksikan melalui surat yang dikirim kepada seluruh pengurus wilayah, pengurus cabang, pengurus lembaga, dan pengurus badan otonom serta seluruh warga Nahdliyyin se-Indonesia supaya melaksanakan sholat ghaib dan tahlil ditujukan untuk para korban yang meninggal dalam musibah tersebut. 

"Semoga seluruh korban husnul khatimah dan mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," demikian penggalan isi surat instruksi yang tidak hanya ditandatangani Kiai Said, tetapi juga Pj Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf, dan Sekjen Helmy Faishal Zaini.

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, 53 awak kapal KRI Nanggala-402 telah gugur dalam tugas. Saat jumpa pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Ahad (25/4) petang, Panglima TNI menyampaikan 53 prajurit terbaik Hiu Kencana itu telah gugur dalam penugasan di perairan utara Bali.

Kapal selam itu membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Sebelumnya, pada Sabtu (24/4), Panglima TNI mengatakan, status KRI Nanggala-402 telah menjadi subsunk (tenggelam) setelah tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam. Sabtu itu adalah pencarian hari ketiga sejak KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada Rabu (21/4) dini hari di perairan sisi utara Pulau Bali.

Sabtu pagi juga merupakan batas akhir life support berupa ketersediaan oksigen bagi kru KRI Nanggala, yakni 72 jam, jika listrik dalam kapal mati total (blackout). Hingga akhirnya, keberadaanya diketahui pada Ahad (25/4).  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement