Jumat 14 May 2021 08:16 WIB

Muslim Spanyol Berusaha Hidupkan Lagi Warisan Andalusia

Warisan sejarah Alhambra tidak terlihat dalam masyarakat Spanyol.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alhambra merupakan sebuah kompleks istana dan benteng peninggalan bersejarah sekaligus bukti jejak peradaban Islam di Eropa.
Foto: Republika TV/Kamila
Alhambra merupakan sebuah kompleks istana dan benteng peninggalan bersejarah sekaligus bukti jejak peradaban Islam di Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, ANDALUSIA -- Sebuah pusat budaya Islam di Spanyol selatan sedang mencoba untuk menghidupkan kembali warisan era Islam Andalusia, yang meninggalkan jejak besar di wilayah tersebut selama hampir delapan abad.

"Warisan sejarah Alhambra sangat jelas, tetapi ini tidak terlihat dalam masyarakat Spanyol," kata Abdulkadir Schaller, merujuk pada istana Andalusia yang terkenal di Granada, salah satu kota besar di Andalusia dan benteng Islam terakhir di Spanyol sebelum ditaklukan oleh raja Katolik di akhir abad ke-15.

Baca Juga

Schaller yang menjabat sebagai Direktur Pusat Kebudayaan Islam di bawah Masjidil Haram di Granada menegaskan bahwa sekitar 500 tahun yang lalu, para raja Katolik saat itu telah memberantas segala sesuatu yang berhubungan dengan Islam di negeri itu.

"Pihak berwenang pada waktu itu (tahun 1492) mengambil dan membakar semua buku arsitektur, seni, atau pertanian milik Muslim, termasuk Alquran, di Lapangan Virambla di pusat Granada. Ini adalah momen bersejarah. Arsip Muslim yang tinggal di Granada juga dihancurkan. Selain itu, masjid dibakar atau dibangun gereja di atasnya," ujarnya.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَا يَكُوْنُ مِنْ نَّجْوٰى ثَلٰثَةٍ اِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ اِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَآ اَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْثَرَ اِلَّا هُوَ مَعَهُمْ اَيْنَ مَا كَانُوْاۚ ثُمَّ يُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوْا يَوْمَ الْقِيٰمَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Tidakkah engkau perhatikan, bahwa Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi? Tidak ada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah yang keempatnya. Dan tidak ada lima orang, melainkan Dialah yang keenamnya. Dan tidak ada yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia pasti ada bersama mereka di mana pun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitakan kepada mereka pada hari Kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Mujadalah ayat 7)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement