Kamis 27 May 2021 17:41 WIB

Teh Bunga Telang Tingkatkan Memori dan Sehatkan Kulit

Minuman dengan warna khas kebiruan ini membantu meningkatkan memori.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Teh bunga telang.
Foto: Wikimedia
Teh bunga telang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh bunga telang yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama butterfly-pea flower tea punya sederet menfaat kesehatan. Minuman kaya antioksidan dengan warna khas kebiruan itu dapat membantu meningkatkan memori.

Deretan manfaat lain termasuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan mengurangi stres. Selama berabad-abad, teh bunga telang telah digunakan selama berabad-abad dalam Ayurveda dan pengobatan Cina tradisional karena sejumlah kegunaannya.

Baca Juga

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal yang berbasis bukti dan pengobatan alternatif mengungkap, teh bunga telang memuat antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Keduanya mampu menetralisir radikal bebas yang merusak sel.

Flavonoid pun dikenal dengan manfaat menyehatkan kulit. Para ahli perawatan kulit sepakat bagaimana flavonoid ampuh mengurangi kemerahan, menenangkan stres, serta meredakan peradangan yang terjadi pada kulit.

Untuk rutinitas perawatan kulit, teh bunga telang bisa digunakan dalam versi bubuk, dalam masker kecantikan, atau membeli produk wajah yang mengandungnya. Bisa juga dengan secara rutin meminum teh tersebut untuk meningkatkan kondisi kesehatan.

Ulasan studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Natural Remedies menemukan bahwa teh bunga telang mengandung alkaloid, taraxerol, dan anthocyanin. Semua bahan kimia aktif itu terbukti membantu mengurangi stres dan meningkatkan ingatan.

 

Untuk membuatnya sendiri di rumah, cukup celupkan satu kantong kecil teh bunga telang ke secangkir air panas lalu biarkan selama sekitar lima menit. Minum selagi hangat dengan tambahan sedikit madu dan perasan lemon sesuai selera. 

Bagi yang suka minuman dingin, tambahkan beberapa butir es batu untuk menikmati minuman yang menyegarkan di bawah sinar matahari. Terlepas dari khasiatnya, teh ini patut dicoba jika menyukai minuman dengan rasa lezat dan dinamis, dikutip dari laman First for Women, Kamis (27/5).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement