Ahad 30 May 2021 15:08 WIB

1,84 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Telah Tersalurkan

China memimpin penghintungan global dengan 602,99 juta dosis

Rep: Dwina Agustin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seorang petugas kesehatan menulis tanggal di botol saat dia bersiap untuk memberikan vaksin virus corona COVAXIN bagi orang-orang yang datang untuk mendapatkan dosis kedua mereka di sebuah pusat kesehatan umum di Hyderabad, India, Kamis, 27 Mei 2021.
Foto: AP / Mahesh Kumar A
Seorang petugas kesehatan menulis tanggal di botol saat dia bersiap untuk memberikan vaksin virus corona COVAXIN bagi orang-orang yang datang untuk mendapatkan dosis kedua mereka di sebuah pusat kesehatan umum di Hyderabad, India, Kamis, 27 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Lebih dari 1,84 miliar suntikan vaksin virus korona telah diberikan di seluruh dunia, Sabtu (29/5). China memimpin penghitungan global dengan 602,99 juta dosis dan diikuti oleh Amerika Serikat dengan 292,1 juta.

Menurut Our World in Data, posisi ketiga adalah India yang telah memberikan 203,17 juta suntikan, Brasil 66,43 juta, dan Inggris 63,35 juta. Sedangkan Jerman telah memberikan sekitar 49,26 juta, Prancis 34,94 juta, Italia 33,56 juta, dan Meksiko 29,24 juta dosis.

Peringkat 10 adalah Turki dengan lebih dari 28,75 juta, diikuti oleh Rusia, Spanyol, Indonesia, dan Kanada. Negara dengan dosis terbanyak yang diberikan kepada populasi adalah negara kepulauan Afrika Timur, Seychelles, dengan 136,74 dosis per 100 orang.

Sebagian besar vaksin Covid-19 diberikan dalam dua dosis, sehingga jumlah suntikan yang diberikan tidak sama dengan jumlah individu yang divaksinasi lengkap. Beberapa orang telah menerima dosis pertama dan dalam proses untuk suntikan kedua.

Menurut angka yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins AS, sejak Desember 2019, pandemi telah merenggut lebih dari 3,52 juta nyawa di 192 negara dan wilayah, dengan lebih dari 169,57 juta kasus dilaporkan di seluruh dunia. AS, India, dan Brasil tetap menjadi negara yang terkena dampak terparah dalam hal jumlah infeksi dan kematian.

https://www.aa.com.tr/en/latest-on-coronavirus-outbreak/over-184b-coronavirus-vaccine-shots-given-worldwide/2258273

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَاِذَا لَقِيْتُمُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا فَضَرْبَ الرِّقَابِۗ حَتّٰٓى اِذَآ اَثْخَنْتُمُوْهُمْ فَشُدُّوا الْوَثَاقَۖ فَاِمَّا مَنًّاۢ بَعْدُ وَاِمَّا فِدَاۤءً حَتّٰى تَضَعَ الْحَرْبُ اَوْزَارَهَا ەۛ ذٰلِكَ ۛ وَلَوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَانْتَصَرَ مِنْهُمْ وَلٰكِنْ لِّيَبْلُوَا۟ بَعْضَكُمْ بِبَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ قُتِلُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَلَنْ يُّضِلَّ اَعْمَالَهُمْ
Maka apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir (di medan perang), maka pukullah batang leher mereka. Selanjutnya apabila kamu telah mengalahkan mereka, tawanlah mereka, dan setelah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang selesai. Demikianlah, dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia membinasakan mereka, tetapi Dia hendak menguji kamu satu sama lain. Dan orang-orang yang gugur di jalan Allah, Allah tidak menyia-nyiakan amal mereka.

(QS. Muhammad ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement