Selasa 01 Jun 2021 12:54 WIB

Biaya Penyesuaian ATM Link Ditunda

Sedianya penarikan di ATM Link dikenai biaya mulai hari ini.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Link.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Nasabah melakukan transaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Link.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat untuk menjadwalkan kembali implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan di mesin–mesin ATM Merah Putih atau ATM dengan tampilan ATM Link. Artinya, penyesuaian tarif yang pada awalnya akan diimplementasikan pada 1 Juni 2021 menjadi ditunda.

Penundaan diharapkan dapat meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas lagi. Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati, menegaskan kembali, meski tarif tranksasi di ATM Link nantinya akan disesuaikan, para nasabah Himbara masih bisa menikmati layanan cek saldo dan tarik tunai secara gratis melalui ATM yang berlogo sama dengan penerbit kartu misalnya pemilik kartu ATM BNI tidak dikenakan biaya transaksi tersebut jika digunakan di ATM Link BNI.

Baca Juga

"Nasabah juga memiliki pilihan untuk melakukan pengecekan saldo secara gratis melalui layanan mobile banking," kata Adi, melalui keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (1/6).

Setelah perubahan tarif diberlakukan, BRI, BNI, Mandiri dan BTN yang bergabung dalam layanan ATM Link memastikan layanan transaksi di ATM Link akan lebih baik. Jaringan Himbara ini nantinya akan semakin luas sampai ke area remote dengan dukungan lebih dari 45 ribu ATM.

"Tetapi patut diingat penyesuaian tarif baru untuk tarif cek saldo dan tarik tunai tetap  lebih rendah dibandingkan jaringan ATM lain di Indonesia. Khusus untuk nasabah penerima bansos, cek saldo dan tarik tunai di ATM Link tidak akan dikenakan biaya sama sekali", ujar Adi.

Selain jangkauan yang lebih luas, penyesuaian biaya transaksi ATM Link diharapkan memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas layanan, keamanan, dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Himbara juga mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara non tunai (cashless) dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement