Selasa 08 Jun 2021 13:01 WIB

Modalku Gandeng BNI Jadi Penyedia Layanan Escrow Account

Kolaborasi fintech dan lembaga keuangan konvensional perlu untuk meningkatkan layanan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
 Fintech Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Group) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menjadi penyedia layanan escrow account bagi para pengguna layanan Modalku. (ioustrasi)
Foto: ,
Fintech Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Group) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menjadi penyedia layanan escrow account bagi para pengguna layanan Modalku. (ioustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fintech Modalku (PT Mitrausaha Indonesia Group) menggandeng PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) untuk menjadi penyedia layanan escrow account bagi para pengguna layanan Modalku. Sebagai escrow, BNI berperan sebagai pengelola dana peminjam dan pendana yang tergabung di Modalku sehingga keamanan dan transparansi dana terjamin.

Layanan pendukung yang turut diluncurkan adalah Virtual Account BNI bagi pendana dan peminjam Modalku. Serta Rekening Dana Lender (RDL) BNI, khusus pendana Modalku dan seluruh layanan ini telah efektif diaplikasikan sejak April 2021.

Sebagai informasi, Modalku sebagai platform fintech lending merupakan pihak yang mempertemukan pendana dengan peminjam sehingga tidak memiliki fungsi untuk menghimpun dana seperti lembaga jasa keuangan konvensional seperti bank. Oleh sebab itu, kolaborasi antara platform fintech lending dengan lembaga jasa keuangan konvensional dibutuhkan untuk meningkatkan layanan kepada pengguna.

Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan, mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan sebagai bentuk komitmen untuk selalu menjadi fintech terpilih. "Melalui kemitraan bersama BNI, proses transaksi yang dihadirkan akan lebih lancar, aman, dan nyaman untuk digunakan para pendana dan peminjam kami. Di sisi lain, kami juga mendukung kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap fintech mengenai aturan penghimpunan dana masyarakat." ujar Iwan dalam rilis yang diterima Republika, Selasa (8/6).

Pemimpin Divisi Solusi Wholesale BNI, Agung Kurniawan mengatakan BNI sebagai lembaga keuangan yang unggul mendukung pengembangan UMKM melalui transformasi teknologi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses serta menjawab tantangan bagi para pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19.

"UMKM sebagai segmen usaha terdepan dalam penciptaan lapangan pekerjaan memerlukan dukungan yang besar. Melalui kolaborasi kemitraan antara BNI dengan Modalku, diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang baik bagi pelaku UMKM." kata Agung.

Fasilitas Virtual Account BNI merupakan rekening virtual bagi pendana dan peminjam untuk melakukan transaksi dengan nomor ID yang dibuat oleh BNI. Setiap pendana dan peminjam akan mendapatkan Virtual Account Number yang unik dan berbeda untuk setiap akun sehingga memudahkan transaksi di Modalku melalui metode transfer online.

Bagi peminjam, Virtual Account bisa digunakan ketika melakukan pembayaran kembali atas pinjamannya. Sedangkan untuk pendana, Virtual Account juga akan memberikan konfirmasi terkait transaksi deposit yang akan terproses secara otomatis.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement