Rabu 23 Jun 2021 06:41 WIB

7 Penyebab Tidur Bisa Ileran

Keluar air liur saat tidur atau 'ileran' sering dialami ketika tidur pulas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Keluar air liur saat tidur atau 'ileran' sering dialami ketika tidur pulas.
Foto: www.freepik.com
Keluar air liur saat tidur atau 'ileran' sering dialami ketika tidur pulas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluar air liur saat tidur atau ileran mungkin merupakan fenomena yang umum saat seseorang tengah tertidur pulas. Air liur yang kerap disebut ‘iler’ ini bisa keluar begitu saja. Namun ternyata kondisi tersebut tidak bisa begitu saja disepelekan.

Apabila disertai gejala lain, kemungkinan orang sedang menghadapi infeksi, reaksi alergi, atau bahkan kondisi pencernaan. Berikut tujuh alasan kenapa seseorang bisa ‘ngiler’ saat tidur, dan apa yang dapat  dilakukan untuk mengatasinya, dikutip laman Livestrong, Rabu (23/6).

Baca Juga

1. Mengalami Obstruksi Hidung

“Ketika hidung tersumbat, mulut bisa tetap terbuka saat Anda tidur, yang benar-benar membuat Anda ngiler,” kata Shawn Nasseri, MD, seorang ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan.

Jika hidung tersumbat, ia merekomendasikan menggunakan semprotan garam lembut untuk membantu membersihkan hidung. Atau bicarakan dengan dokter Anda tentang perawatan yang tepat.

2. Alergi

Anda mungkin juga mengalami batuk kering, sesak napas atau gatal, mata berair, menurut American College of Allergy, Asthma & Immunology (ACAAI).

"Saat kita akan tidur, hidung tersumbat cenderung terasa lebih buruk karena peningkatan aliran darah ke hidung dan kepala kita," katanya.

Dr. Nasseri menyarankan tidur dengan kepala ditinggikan, gunakan pelembab udara di malam hari untuk membuka saluran hidung dan memberikan kelembapan di dalam hidung, manfaatkan semprotan garam sebelum tidur untuk membersihkan hidung.

3. Mengalami Infeksi

Ketika memiliki infeksi sinus atau radang tenggorokan, sistem saraf menyebabkan pembengkakan tenggorokan, sehingga lebih sulit untuk menelan air liur Anda. Akibatnya, kata Dr. Nasseri, orang bernapas melalui mulut mereka, sehingga menghasilkan lebih banyak air liur dan, pada akhirnya, ngiler.

Solusinya, konsultasikan dengan dokter terkait perlu atau tidaknya antibiotik. Sementara itu, Dr. Nasseri menyarankan untuk minum banyak cairan dan mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk mengatasi ketidaknyamanan.

4. Menderita GERD

Penyakit refluks gastroesofagus (GERD) menyebabkan refluks asam karena kerongkongan tidak bekerja dengan benar dan memungkinkan asam lambung merayap mundur. Sebagai solusi, coba ubah posisi tidur ke sisi kiri untuk mengurangi refluks asam. Anda juga dapat melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup untuk mengatasi refluks asam, termasuk menghindari makan setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ۗ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًا ۗوَلَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّهُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya.

(QS. Al-Baqarah ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement