Ahad 04 Jul 2021 11:54 WIB

Microsoft Ubah Tampilan Error di Windows 11

Windows 11 memang dihadirkan dengan tema warna yang bernuansa hitam.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Tampilan baru penanda error di Windows 11 black screen of death.
Foto: microsoft
Tampilan baru penanda error di Windows 11 black screen of death.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Bagi pengguna Windows, sesekali pasti sempat mengalami layar display yang berwarna biru saat komputer tengah mengalami persoalan. Karena persoalan itu biasanya merupakan sebuah persoalan yang serius, maka tampilan itu pun kerap disebut dengan blue screen of death (BSOD).

Dikutip dari The Verge pada Sabtu (3/7), nantinya layar biru itu akan diubah menjadi warna hitam. Artinya, sebutan BSOD akan berubah menjadi black screen of death.

Baca Juga

Ubahan itu akan hadir dalam versi Windows yang terbaru yakni Windows 11. Lewat ubahan itu, artinya Windows 11 memang dihadirkan dengan tema warna yang bernuansa hitam.

Karena, selain BSOD, warna hitam juga dijadikan warna dasar dalam logo Windows dan shutdown screen.

Ubahan ini pun dianggap jadi salah satu ubahan paling dominan setelah beberapa kali Windows hanya mengalami ubahan minor. Karena, ubahan tampilan terbesar terakhir dilakukan pada 2012 dan 2016 lewat Windows 8.

Meskipun, hingga saat ini Microsoft belum memastikan soal maksud dari penggunaan warna hitam ini. Tapi yang pasti, pada Windows 11 ini memang cukup banyak ditemukan ubahan pada sejumah elemen kunci.

Beberapa elemen kunci yang mengalami ubahan diantaranya adalah tampilan Start Menu da File Explorer. Lewat ubahan ini, maka tampilan sejumlah elemen kunci itu pun membuat WIndows 11 terlihat lebih modern.

Penggunaan warna hitam sendiri boleh dikatakan jadi salah satu gebrakan besar bagi windows. Mengingat, selama ini memang Windows sudah terlalu sering menggunakan tema penuh warna mulai dari biru, kombinasi warna primer, merah muda hingga kemudian Windows cukup lama menggunakan warna bernuansa biru.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement