Kamis 15 Jul 2021 19:31 WIB

Kenali Pneumonia Anak dengan Teknis Hitung Napas

Pada 2015, sebanyak satu dari enam anak meninggal karena pneumonia.

Red: Qommarria Rostanti
Menghitung frekuensi napas bisa digunakan para orang tua untuk mendeteksi pneumonia pada anak (ilustrasi).
Foto: Baby Center
Menghitung frekuensi napas bisa digunakan para orang tua untuk mendeteksi pneumonia pada anak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghitung frekuensi napas bisa digunakan para orang tua untuk mendeteksi pneumonia pada anak. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, bagaimana hitung napas menjadi penting.

"Bagaimana ibu mengenali anaknya sesak, karena biasanya anak-anak tidak bisa mengeluh karena sesak. Paling dia rewel, sering menangis," kata dia dalam webinar "Ayo Imunisasi, STOP Pneumonia", Kamis (15/7).

Pneumonia terjadi akibat infeksi yang mengenai jaringan di saluran pernapasan bawah yaitu paru-paru, di antara sejumlah gejalanya, napas cepat salah satunya. Kriteria napas cepat pada anak usia kurang dua bulan lebih dari 60 kali napas per menit, lalu pada usia 2-11 bulan lebih dari 50 kali per menit, usia 1-5 tahun sekitar lebih dari 40 kali per menit dan anak usia di atas 5 tahun lebih dari 30 kali per menit.

Selain hitung napas, orang tua juga bisa memperhatikan ada tidaknya retraksi dinding atau penarikan dinding dada. Untuk memudahkan, gejala ini ditandai adanya cekungan ke dalam di bawah dada. Ini menjadi pertanda anak sesak.

Pengukuran saturasi oksigen menggunakan oksimeter juga bisa dilakukan. Apabila angka pada alat menunjukkan di bawah 93 persen, maka kondisi pneumonia sudah masuk kategori berat. 

Pada anak yang masih menyusui, ketidakmampuan dia menyusu hingga penurunan kesadaran juga menjadi tanda pneumonia berat. "Paling gampang, lihat kalau di bawah dada agak cekung ke dalam, itu tanda-tanda sesak. Kalau punya alat saturasi oksigen kita bisa gunakan," jelas Nadia.

Pneumonia hingga kini menjadi penyebab kematian anak di bawah usia lima tahun di dunia. Pada 2015, sebanyak satu dari enam anak meninggal karena pneumonia. Indonesia menjadi salah satu penyumbang enam dari 10 kematian anak akibat pneumonia di 10 negara selain Nigeria, Kongo, Angola, Afganistan, Pakistan, dan China. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2007 menunjukkan, penyebab kematian bayi pada 2007 salah satunya karena pneumonia (23,8 persen), sementara pada balita (15,5 persen). Sementara itu, data dari Sample Registration System (SRS) pada 2014 memperlihatkan, sebanyak 23 balita meninggal setiap jam dan empat di antaranya karena pneumonia.

"Insiden dari kejadian baru pneumonia menjadi perhatian kita mengapa perlu terus mencoba melakukan pencegahan dan pengendalian pneumonia terutama pada balita," ujar Nadia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement